Devi Ingin Produk Lokal Daerah Mendunia

Devi Devianti, pemilik Maharani Craft yang menggeluti teknik decoupage yakni menggunting dan menempel pada media tas, dan lainnya, berharap produk lokal yang dimiliki Indonesia bisa mendunia dan dikenal banyak orang.
"Kita kaya akan barang-barang yang indah yang terbuat dari rotan, kayu, dan lainnya yang sifatnya sederhana, namun dengan teknik decoupage, bisa lebih indah," ungkap Devi, ketika menjadi narasumber dalam bimbingan teknis (Bimtek) Keterampilan Kerajinan Tangan di Lingkungan Rumah Tangga bagi PKK desa se-Kabupaten Bangka, Jumat (19/5/17) di Jakarta.
Diuraikan Devi yang merupakan puteri asal Bangka ini, keterampilan Decoupage sudah lama ada, namun karena bahan-bahannya masih mahal, jadi kurang familiar di telinga masyarakat.
"Jadi saya dulunya hanya hobi, tapi setelah dua tiga tahun belakangan ini, alat dan bahannya lebih murah karena banyak yang jual sekarang baik online, maupun lainnya, jadi saya mulai menggelutinya," terangnya lagi.
Lebih lanjut Devi mengatakan, produk Indonesia ini sangat banyak dan bisa dijadikan buah tangan untuk saudara dan teman.
"Banyak yang bawa sampai ke luar negeri sana, dan menjadi ciri khas dan sesuatu, karena orang akan melihat, bahwa Indonesia itu punya sesuatu dan orang beranggapan bahwa Indonesia itu punya rotan dan tidak beranggapan kalau rotan itu hanya untuk orang tua saja," ungkapnya.
Diakui Devi, dirinya mendapatkan keterampilan decoupage ini dengan terus belajar dan praktek sehingga menghasilkan karya yang indah.
"Sudah dua tahun ini saya mendalami ini, decoupage ini banyak tingkatkkan, dan seni itu harus berani salah, dan kita akan mendapatkan karya yang indah nantinya karena belajar dari kesalahan itu, dan harus punya jiwa seni juga. Kalau kesulitan, sampai sejauh ini tidak ada" katanya.
Devi juga mengakui, untuk promosi dan pemasaran, dirinya menggunakan media online dan sering diundang juga untuk pelatihan-pelatihan.
"Saya juga punya workshop dan bisa kursus juga, jadi bisa datang langsung dan belajar," kata Devi yang bapak dan kakeknya asli Bangka. 
Kedepan Devi ingin, produk lokal buatan Indonesia ini bisa dikenal sampai keluar negeri dan mempunyai seni dan teknik tersendiri serta berciri khas.

"Semua orang bisa berkarya, dan punya ciri khas masing-masing, jadi jangan takut untuk berkarya," pesannya.

Sumber: 
Dinkominfotik
Penulis: 
Lutfi Adam
Fotografer: 
Lutfi Adam
Editor: 
Lutfi
Tags: 
Berita Daerah