Tanah Datar Giatkan Pangan Lokal

Kunjungan kerja PKK desa Se-Kabupaten Bangka ternyata bisa belajar juga makanan yang berbahan pangan lokal seperti ubi jalar, wortel, kentang, pisang dan lainnya.
Melalui Usaha Peningkatkan Pendapatan Keluarga (UP2K) Tanh Datar "Kami Saiyo", berbagai makanan pangan lokal dipasarkan dan dijual untuk pengunjung yang berkunjung ke Kabupaten Tanah Datar Sumatera Barat.
Menurut Wakil Ketua PKK kabupaten Tanah Datar, Des Jamilis, UP2K Kami Saiyo ini merupakan salah satu usaha pangan lokal yang membantu ekonomi masyarakat,
"Banyak yang membuat serundeng ubi jalar, kue bawang ubi jalar, kripik manis pedas, crisban, makaroni wartel, kentang keriting, rasanya yummi dan silahkan ibu coba, pasti ketagihan," katanya, Rabu (17/5/17) di Gedung Indo Jolito Tanah Datar,
Lebih lanjut Des menjelaskan, usaha UP2K Tanah Datar ini merupakan usaha untuk mempromosikan Tanah Datar sehingga lebih dikenal.
"Pangan lokal sekarang ini sedang digalakkan, dan Tanah Datar yang berada di bawah kaki Gunung Marapi ini, terkenal dengan tanah yang subur dan terkenal dengan penghasil sayuran, dan hal ini menjadi salah satu potensi lokal yang besar untuk memajukan Tanah Datar ," katanya.

Dengan mengelola dan memanfaatkan hasil pertanian, diharapkan Kabupaten Tanah Datar melalui UP2K, diharapkan dapat membantu ekonomi keluarga dan menghidupkan home industri dengan memanfaatkan hasil pertanian, sebagai panganan berbahan lokal yang lezat, gurih, bergizi dan yummy. Semoga Kabupaten Bangka bisa seperti Kabupaten Tanah Datar dengan memanfaatkan secara maksimal pangan lokal hasil pertanian dan perkebunan Kabupaten Bangka sebagai makanan yang bernilai ekonomi tinggi.

Sumber: 
Dinkominfotik
Penulis: 
Lutfi Adam
Fotografer: 
Lutfi Adam
Editor: 
Lutfi
Tags: 
Berita Daerah