Gerakan Senja Selapis Rata Kasi Jujur Sabili di Kabupaten Bangka

Pemerintah Kabupaten Bangka mulai menggalakkan gerakan makan pangan lokal melalui  gerakan mengkonsumsi pangan lokal selain menu utama.  Dengan motto "Hidupku sehat dengan Pangan Lokal", diharapkan semua elemen masyarakat mendukung gerakan ini sesuai yang diamanatkan oleh Peraturan Bupati Bangka Nomor 13 A tahun 2012 tentang Gerakan Percepatan Penganeka ragaman Konsumsi Pangan Berbasis Sumber Daya Lokal.

Peningkatkan konsumsi pangan lokal akan diupayakan oleh Pemerintah Kabupaten Bangka karena diindikasikan Percepatan penganeka ragaman konsumsi pangan berbasis potensi lokal yang belum beragamnya konsumsi pangan lokal di masyarakat.

Dalam seminggu masyarakat bisa mengkonsumsi pangan lokal seperti hari Senin dengan slogan Senja, yakni makan jagung, hari Selasa dengan slogan Selapis yakni makan pisang, hari Rabu dengan slogan  Rata yakni makan talas, hari Kamis dengan slogan Kasi yakni makan singkong, hari Jumat dengan slogan Jujur yakni makan bijur, dan hari Sabtu dengan slogan Sabili yakni makan Gembili.

Tujuan penggunaan pangan lokal ini sesuai dengan Peraturan Bupati Nomor 13 A tahun 2012 adalah untuk menurunkan konsumsi beras sebagai bahan pangan pokok masyarakat, dengan meningkatkan konsumsi jagung, umbi-umbian termasuk sayuran dan buah-buahan.

Selain itu juga, untuk meningkatkan kesadaran dan perilaku masyarakat terhadap konsumsi pangan lokal yang beragam, bergizi, berimbang dan aman serta mengembangkan teknologi pengolahan pangan, khususnya untuk umbi-umbian, supaya adanya penambahan nilai tambah, status sosial ekonomi serta permintaan konsumen terhadap komoditas umbi-umbian.

Hal lainnya  juga, untuk meningkatkan sosialisasi dan advokasi penganekaragaman pangan regional kepada pemangku kepentingan agar upaya pencapaian Bangka Sehat bagi masyarakat dapat tercapai,dan adanya internalisasi penganekaragaman konsumsi pangan dan pengembangan bisnis dan industri pangan lokal kita,. Kedepan, dengan adanya nama slogan Senja, Selapis, Rata, Kasi, Jujur dan Sabili, diharapkan dapat terwujud masyarakat yang sehat dan tentunya dapat menggalakkan makan pangan lokal. Yo kita galakan pangan lokal!. Go Pangan Lokal!.

Gerakan Senja Selapis Rata Kasi Jujur Sabili adalah gerakan mengkonsumsi pangan lokal sebagai berikut :

No Hari Pangan Lokal Slogan
1 Senin Jagung Senja
2. Selasa Pisang Selapis
3. Rabu Talas Rata
4. Kamis Singkong Kasi
5. Jum'at Bijur Jujur
6. Sabtu Gembili Sabili

Tags: 
Surat Edaran Bupati