Desa Se-Kab Bangka Siap Laksanakan SISKEUDES

Sungailiat - Sebanyak 62 Desa di Kabupaten Bangka harus berkomitmen dalam menerapkan aplikasi Keuangan Desa (Siskeudes) sebagai upaya memperlancar pelaporan keuangan ke Badan Pengawas Keuangan Perwakilan Provinsi Bangka Belitung.

Demikian disampaikan oleh Kepala Dinsospemdes, Drs. Arman Agus, saat ditemui usai membuka Kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) di Ballroom Hotel Novila Sungailiat, Senin (23/4/18).

Arman menuturkan penerapan penggunaan Aplikasi Siskeudes sudah berjalan sejak tahun 2016 yang lalu dan kini pihaknya mengingatkan kembali serta menuntut komitmen bersama dalam penerapan penggunaan Aplikasi Siskeudes agar tidak ada lagi Perangkat Desa yang tidak menerapkan sistem tersebut.

“Aplikasi Siskeudes yang berasal dari BPKP sudah ada di masing-masing kantor desa dan telah diterapkan pada 62 Desa yang ada di Kabupaten Bangka sejak 2016 yang lalu, dan diharapkan terjadi peningkatan terhadap penerapan penggunaan Aplikasi Siskeudes tersebut sebagai bentuk komitmen bersama,”ungkap Arman.

Lebih lanjut Arman mengatakan bahwa sejauh ini penggunaan Aplikasi Siskeudes di Kabupaten Bangka telah berjalan dengan baik dari semua desa dan mengharapkan terjadinya peningkatan lebih lanjut kedepannya demi membantu Pemda melakukan pendataan lebih lanjut khsusnya tentang keuangan desa tersebut serta pembangunan-pembangunan di Desa setempat melalui kucuran Dana Desa tersebut.

“Kabupaten Bangka khususnya Perangkat Desa melaui Bendahara dan Sekretaris Desa (Sekdes) sejauh ini telah melakukan tugasnya dengan baik dalam hal penerapan penggunaan Aplikasi Siskeudes sehingga hal ini akan mempermudah Pemkab Bangka dalam melakukan pendataan yang dilaporkan melalui Aplikasi tersebut terkait produk-produk pembangunan apa saja yang telh dilakukan oleh Desa tersebut,”ungkap Arman.

Lebih lanjut Arman meyebutkan dana Desa yang dikucurkan kemudian dimasukan ke APBDES maka masyarakat desa melalui Perangkat Desa setempat yang melaksanakn Pembangunan dan Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat.

“Diharapkan dana desa yang dikucurkan ke APBDES yang kemudian dikelola oleh masyarakat melalui perangkat desa tersebut akan dapat menyokong dalam sektor pembangunan dan mengurangi angka kemiskinan,”harap Arman.

Bimtek Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) ini diikuti oleh Sekretaris dan Bendahara dari 62 Desa se Kabupaten Bangka. Bimtek dilaksanakan selama 5 hari, dengan nara sumber yang berasal dari BPKP Perwakilan Babel. (Pemkab Bangka)

Sumber: 
Dinkominfotik
Penulis: 
Dede Sukmana
Fotografer: 
Dede Sukmana
Editor: 
Khadafi
Tags: 
Berita Daerah