Payakumbuh Studi Banding Tentang Beras Aruk dan KRPL Ke Bangka

Dinas Pangan Kota Payakumbuh Provinsi Sumatera Barat bersama Kelompok Wanita Tani (KWT) dari Payakumbuh melakukan studi banding ke Dinas Pangan Kabupaten Bangka. Kegiatan para ibu-ibu KWT dari Payakumbuh ini yang didampingi langsung Plt Kepala Dinas Pangan Payakumbuh melakukan kunjungan ke berbagai tempat seperti ke KWT Pelangi Makmur Desa Karya Makmur Kecamatan Pemali dan ke KWT Maju Desa Kemuja Kecamatan Mendobarat untuk melihat langsung ke pusat pengelolaan pangan lestarii dan melihat dan mempelajari beras aruk di pusat pembuatan beras aruk di Desa Kemuja. 
"Kita datang ke Bangka ini untuk melihat sisi ciri khas pangan Bangka, yang sangat terkenal seperti beras aruk dan juga melihat kawasan rumah pangan lestarinya, melihat langsung ke pusat pengelolaanya, karena kami dengar, beras aruk Bangka ini sudah sampai istana, dan mendapatkan juara, dan Kawasan Rumah Pangan Lestari juga bagus di Kabupaten Bangka ini," ungkap Wal Asri, Plt Kepala Dinas Pangan Payakumbuh, Kamis (7/12/17) di sela-sela kegiatan.
Diakuinya, Kabupaten Bangka , Negeri Sepintu Sedulang ini sangat banyak sekali prestasinya, dan saya baca juga di media online dan surat kabar, ada tujuh penghargaan yang diperoleh Kabupaten Bangka dalam minggu ini, dan hal ini sangat luar biasa dan menginsipirasi untuk datang berkunjung dan menamabh wawasan terutama di bidang pangan.
Lebih lanjut Wal Asri menjelaskan sebagian besar masyarakat Payakumbuh tergantung hidupnya dari pertanian, oleh karenanya, perlu adanya  pengembangan pangan untuk kemajuan sehingga semakin bervariasi dan mempunyai produk unggulan dengan memanfaatkan pangan lokal seperti yang dilakukan di Kabupaten Bangka ini.
"Kita itu banyak petani pak, jadi KWT kita ajak ke Bangka untuk belajar mengenai pengembangan pangan sehingga bisa diterapkan nantinya di Payakumbuh, terutama apa itu beras aruk, bagaimana membuatnya, nanti kita berkunjung ke tempat pembuatannya," harap Wal Asri sambil memuji keindahan pantai Bangka.  Sementara itu Plt Kepala Dinas Pangan Kabupaten Bangka, Rusmansyah dalam sambutan selamat datangnya kepada rombongan Payakumbuh di Ruang Pertemuan Dinas Pangan menjelaskan mengenai program Pemerintah Kabupaten Bangka yang menggiatkan pangan lokal dengan slogan Senja, Selapis, Rata, Kasi, Jujur, dan Sabili.
"Alhamdullilah kita terus menggiatkan dan KWT-KWT juga sangat mendukung sekali," katanya.
Selain itu juga, Rusmansyah menjelaskan mengenai sosialisasi pemenuhan menu dengan Beragam, Bergizi, Aman dan Seimbang atau B2SA kepada para ibu-ibu KWT sehingga mendapatkan komposisi masakan yang sesuai dengan prinsip B2SA.

"Kita terus mensosialisasikan, dan ahli-ahli gizi dan lainnya terus kita berdayakan juga sehingga para ibu-ibu dapat mengetahuinya, dan siap mendukung visi misi Dinas Pangan," katanya.

Sumber: 
Dinkominfotik
Penulis: 
Lutfi Adam
Fotografer: 
Lutfi Adam
Editor: 
Lutfi
Tags: 
Berita Daerah