Tunggu Lada Panen, Silahkan Tanam Tanaman Lain Yang Cepat Menghasilkan

Sektor pertanian dan perkebunan bagi sebagian besar masyarakat Kabupaten Bangka merupakan sektor yang masih menjadi andalan. Banyak masyarakat yang menanam lada, dan lainnya untuk memenuhi kebutuhan hidup. Terkait hal tersebut, Kabid Perkebunan Dinas Pertanian Kabupaten Bangka, Subhan menyarankan masyarakat juga dapat menanam tanaman yang berumur pendek sembari menunggu hasil panen seperti lada atau kelapa sawit.
"Lada dan sawit itu kan jangka panjang, kalau bisa semabri menunggu panen, tanam tanaman lain yang berumur pendek seperti tanaman palawija, holtikultura dan lainnya, yang cepat menghasilkan dan dapat memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, seperti jagung manis, kan hanya 75 hari sudah panen," ungkap Subhan, Senin (14/11/17) di Sungailiat.
Dikatakan Subhan lagi, petani bisa menanam tanaman yang berumur pendek atau menengah di sela-sela tanaman pokok atau utama.
"Bisa di sela-sela tanaman pokok, cara tumpang sari itu, cepat menghasilkan dan bisa untuk digunakan kebutuhan dan keperluan sehari-hari," kata Subhan.
Subhan berharap, dengan potensi pertanian yang besar di Kabupaten Bangka, masyarakat terus berusaha dan mengupayakan sektor pertanian sehingga bisa menjadi andalan untuk kebuutuhan hidup.

"Tanam tanaman, bisa jangka pendek, menengah dan panjang, manfaatkan lahan dengan baik dan benar, dan hasilnya juga pasti akan melimpah," katanya.

Sumber: 
Dinkominfotik
Penulis: 
Lutfi Adam
Fotografer: 
Lutfi Adam
Editor: 
Lutfi
Tags: 
Berita Daerah