TKN Pembina Balun Ijuk Wakili Babel Sekolah Sehat Nasional

SUNGAILIAT- Taman Kanak-Kanak Negeri (TKN) Negeri Pembina Balun Ijuk, Kecamatan Merawang, yang mewakili Provinsi Bangka Belitung (Babel) dalam lomba Sekolah Sehat Tingkat Nasional dinilai oleh tim penilai Sekolah Sehat, Senin (6/8/2018).

Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Bangka, Teddy Sudarsono, yang mewakili Bupati Bangka, Tarmizi Saat, dalam sambutannya mengatakan, keberhasilan pembinaan dan pengembangan Usaha Kesehatan Sekolah/Madrasah (UKS/M) tercermin pada perilaku hidup sehat dan derajat kesehatan peserta didik yang merupakan dampak dari pembinaan dan pengembangan UKS/M.

Kegiatan penilaian UKS tersebut merupakan salah satu upaya untuk menyadarkan semua pihak bahwa harus berperan aktif untuk mewujudkan hidup sehat para peserta didik di sekolah maupun keluarga, dan masyarakat.

‘’Pemkab Bangka terus memberikan dukungan dan memfasilitasi segala hal yang berhubungan dengan pembinaan UKS/M di Bangka. Upaya ini salah satu tujuan Pemkab Bangka untuk dapat meneruskan tradisi menjadikan Kabupaten Bangka ini menjadi Kabupaten sehat mulai dari lingkungan keluarga, sekolah, maupun masyarakat,’’ungkap Teddy.

Dalam kesempatan itu juga, Teddy Sudarsono berharap perilaku hidup sehat ini terus diwujudkan dengan memberikan kontribusi nyata untuk melaksanakan perilaku hidup sehat dan bersih. Kedepannya juga, perilaku sehat dan bersih menjadi cerminan dan memupuk kebiasaan hidup sehat peserta didik dengan meningkatkan sikap dan keterampilan untuk melaksanakan pola hidup sehat serta berpartisipasi aktif dan usaha peningkatan kesehatan.

Sementara itu, Susinggih, perwakilan tim penilai lomba sekolah sehat tingkat Nasional, dalam sambutannya mengatakan, peningkatan UKS/M harus menjadi perhatian semua pihak karena diharapkan program UKS/M ini menjadi sebuah program strategis untuk meningkatkan kesehatan hidup masyarakat.

‘’Kami sudah 5 tahun ini melakukan penilaian sekolah sehat yang mana dinilai sekolah sehat di perkotaan dan di pedesaan. Program sekolah sehat ini jangan sampai di tahap penilaian saja tetapi terus berjalan program pembinaan pola hidup bersih dan sehat,’’ujar Susinggih.

Dalam kesempatan itu, Susinggih mengajak semua pihak untuk menyukseskan Lomba Sekolah Sehat Nasional ini dengan memberikan komitmen dan dukungan untuk meningkatkan kemampuan hidup sehat dan derajat kesehatan peserta didik.

Tim penilai sekolah sehat tersebut berjumlah delapan orang yang mana melakukan penilaian di UKS/M tingkat kecamatan Merawang, di TKN Pembina Balun Ijuk, dan terakhir di Sekretariat Pembina UKS tingkat Kabupaten di Kantor Bupati Bangka.(Pemkab Bangka)

Sumber: 
Humas dan Protokol
Penulis: 
Eddo Richardo
Fotografer: 
Junialdi (Humas dan Protokol)
Editor: 
Rustian Al Ansori
Tags: 
Berita Daerah