Tingkatkan Wawasan, PKK Bangka Kunker Ke Desa PHBS Terbaik Di Babel

Dalam rangka meningkatkan kualitas anggota PKK Kabupaten Bangka baik tingkat kabupaten, kecamatan, kelurahan dan desa, PKK Kabupaten Bangka menyelenggarakan Orientasi Lapangan dalam rangkaian kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) PKK Kabupaten Bangka ke Desa Mancung Kecamatan Kelapa Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Senin (9/10/17). Untuk kegiatan Bimtek akan dilaksanakan di Hotel Tanjung Pesona Sungailiat, Selasa (10/10/17). Kunjungan Kerja (Kunker) ke Desa Mancung oleh semua pkk desa di Kabupaten Bangka ini didampingi langsung Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bangka, Hj. Mina Tarmizi dan Wakil Ketua III PKK Kabupaten Bangka, Hj. Elyse Taufiq Rani. Dan turut hadir juga Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bangka Barat, Hj. Anisa Parhan dan tamu undangan lainnya.
Dipilihnya kunjungan kerja PKK Kabupaten Bangka ke Desa Mancung Kabupaten Barat, dikarenakan Desa Mancung merupakan desa di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang berhasil meraih prestasi terbaik dan pertama dalam Lomba Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) tingkat kabupaten, dan provinsi dan menjadi wakil provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada tingkat nasional. Selain itu juga, Desa Mancung merupakan desa terbaik dalam penilaian Dasa Wisma tingkat Kabupaten Bangka Barat. Kunjungan ini sesuai dengan tema yang diambil oleh PKK Kabupaten Bangla yakni untuk mempelajari Tertib Administrasi dan Program Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)dan Dasa Wisma sehingga terwujud dan meningkatkan kualitas pkk Bangka untuk tertib administrasi.
Ketua Tim Penggerak PKK kabupaten Bangka, Hj. Mina Tarmizi dalam sambutannya mengungkapkan kegiatan kunjungan kerja ke Desa Mancung Kecamatan Kelapa diupayakan untuk menambah wawasan para anggota pkk desa, kelurahan dan kecamatan serta kabupaten untuk lebih baik dan bisa memberikan kontribusinya sebagai mitra pemerintah untuk membangun daerah ini.
"Ini semacama dorongan karena kita belajar kepada desa yang mempunyai predikat sebagai terbaik dalam perilaku hidup bersih dan seha serta program dasa wisma," ungkap Hj. Mina.
Selain itu juga, dengan program strategis yang dipunyai Pemkab Bangka, pkk diharapkan bisa membantu program Pemkab Bangka yang selaras denganĀ  sepuluh program pkk.
"Kita harapkan nanti ada kunjungan balasan dari PKK Kabupaten Bangka Barat juga nanti ke Kabupaten Bangka, bisa sharing dan bertukar informasi, kita bisa berbagi ilmu dan wawasan juga," harap Hj. Mina.
Sementara itu, Kepala Desa Mancung Karman, mengungkapkan sangat bangga karena kunker dari pkk Kabupaten Bangka. Dikatakannya, Desa Mancung sekarang ini sangat menyita masyarakat Kabupaten Bangka Barat, karena Desa Mancung akan mewakili Babel untuk lomba PHBS di tingkat nasional.
" Desa Mancung luasnya 1500 hektar, bagi kami Ini sangat berat sekaligustantangan kedepan, karena harus memberdayakan masyarakat untuk mengubah pola hidup sehingga semakin baik kedepannya,," katanya.
Diuraikan Karman, untuk sekarang ini memang belum terlihat proses yang dilaksanakan, namun untuk beberapa tahun kedepan baru terlihat dan bisa meningkatkan wawasan dan pola hidup.
Selain itu juga, Desa Mancung ada Gerakan Masyarakat Desa Mancung Sehat atau Gemamas untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.
"Kita alhamdullilah, kita bisa menjadi terbaik, ada sepuluh indikator, dua yang sulit bagi kami, yakni ASI Ekslusif dan merokok, namun harus punya kesadaran sendiri," katanya.
Karman juga menjelaskan, sekarang ini untuk mendukung ASI Ekslusif, Pemerintah Desa Mancung juga melakukan kerjasama dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI), dan menggiatkan masyarakat untuk banyak makan buah.
"Kita akan giatkan makan buah pepaya, nanti kita anggarkan untuk berkebun pepaya, baik di perkarangan rumah maupun kebun," katanya.
Kedepan Karman berharap, organisasi PKK ini bisa maju dalam meningkatkan kegiatan PKK untuk kesejahteraan keluarga dan masyarakat.
"Ini bisa menjadi cambuk kami, dan bisa menjadi yang terjadi juga naninya, lebih baik dari desa sebelumnya," katanya.
Kegiatan Orientasi Lapangan PKK Kabupaten Bangka ke Desa Mancung Kecamatan Kelapa Kabupaten Bangka Barat merupakan kegiatan untuk meningkatkan kapasitas anggota pkk dan menambah wawasan bekerja sama APDESI Kabupaten Bangka. Orientasi Lapangan di Desa Mancung, diisi juga dengan mempelajari administrasi pkk Desa Mancung, dan peninjauan langsung lingkungan Desa Mancung yang merupakan desa PHBS terbaik di Bangka Belitung tahun 2017.

Sumber: 
Dinkominfotik
Penulis: 
Lutfi Adam
Fotografer: 
Lutfi Adam
Editor: 
Lutfi
Tags: 
Berita Daerah