SMPN 1 Mendobarat Sekolah Model Berwawasan Agribisnis

SMPN 1 Mendobarat Kecamatan Mendobarat Kabupaten Bangka selain sebagai sekolah Adiwiyata, juga sebagai sekolah model berwawasan agribisnis. Predikat ini didapat SMPN 1 Mendobarat semenjak setahun yang lalu dikarenakan potensi sekolah dan aparat sekolahnya yang mendukung program tersebut.
Menurut kepala sekolah SMPN1 Mendobarat, Margono, sekolah yang dipimpinnya merupakan sekolah yang selain hijau dikarenakan juga lingkungan sekolahnya banyak ditanami tanaman yang menghasilkan seperti jambu, nanas, lada, bayam, dan lainnya yang dapat diolah dan menghasilkan.
"Kita tanam yang dapat menghasilkan dan ketika momen ini, kita pasarkan buat asinan, manisan, lada bubuk, dan lainnya juga dalam unjuk produksi SMPN 1 Mendobarat," katanya.
Dikatakan Margono, kedepan SMPN 1 Mendobarat ini juga berharap lebih giat lagi dalam beragribisnis.
"Untuk sekarang ini kita buat kebun buat sekolah dan dikerjakan juga oleh para siswa, dan kita harapkan juga nanti bisa lebih luas lagi dipasarkan lagi ke masyarakat sehingga bisa membantu sekolah dan membuat siswa bisa kreatif," harap Margono dalam kegiatan Gemar dan Cinta Membaca Al Quran tingkat Kecamatan Mendobarat, Kamis (19/10/17),
Sementara itu, salah satu siswi SMPN 1 Mendobarat, Dina Mustakimah ketika ditemui dalam unjuk produksi dalam kegiatan Cinta Dan Gemar Membaca Al quran mengungkapkan kegiatan adanya kebun sekolah yang dikelola setiap kelas, memberikan para siswa untuk lebih kreatif dalam bercocok tanam walau dalam porsi kecil.
"Ini bisa menumbuhkan minat siswa untuk beragribisnis," kata Dina yang sempat menawarkan manisan jambu dan nanas kepada tamu yang berkunjung ke stand Unjuk Produksinya.

Sumber: 
Dinkominfotik
Penulis: 
Lutfi Adam
Fotografer: 
Lutfi Adam
Editor: 
Lutfi
Tags: 
Berita Daerah