Selain Menjadi Bupati Bangka, Inilah Salah Satu Profesi Tarmizi Selama Bulan Ramadhan

Bupati Bangka H. Tarmizi Saat selain dikenal sebagai salah satu tokoh pertanian di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, juga terkenal sebagai tokoh agama. Dalam beberapa kesempatan, orang nomor satu di Kabupaten Bangka ini sering menceritakan perjalanan hidupnya semasa masih sekolah dan kuliah di Kota Pelajar Jogjakarta.
"Saya dulu sering mandiin jenazah, azan, dan baca doa juga dulunya," ungkap bupati dalam berbagai kesempatan.
Dalam bulan suci ramadhan 1438 H, mantan Sekda Bangka itu melakukan safari ramadhan di berbagai desa yang ada di Kabupaten Bangka. Yang uniknya, bupati sering menjadi imam untuk memimpin shalat teraweh,
"Selama safari ini, masjid yang dikunjungi beliau, pak bupati kita selalu menjadi imam, kadang imam shalat magrib, dan isya, serta teraweh, kadang beliau azan juga" ungkap Kabag Kesra, drh. H. Rahmani, Sabtu (17/6/17) dalam acara safari ramadhan di Masjid Al Muhajirin Desa Air Ruay Kecamatan Pemali Kabupaten Bangka.
Diakui Rahmani, bupati menjadi imam shalat atas keinginan beliau sendiri.
"Beliau langsung ambil alih jadi imam, padahal petugas yang lain sudah ada, namun beliau senang dan langsung memimpin shalat berjamaah terutama imam shalat teraweh, seperti malam ini beliau jadi imam terawe di masjid Al Muhajirin, di cengkong abang juga, di Desa Silip, dan lainnya," katanya.
Sementara itu salah satu pegawai Pemkab Bangka, Kid Cassanova yang selalu mendampingi bupati melakukan safari mengatakan, sangat jarang ada bupati yang mau jadi imam untuk shalat teraweh ini.
"Setahu saya, hanya pak bupati kita yang sering, dulu almarhum Pak Eko juga sering, namun kalau sekarang ini, pak Tarmizi yang sering, karena saya sering ikut kemana beliau safari, biasanya beliau langsung ambil alih jadi imam shalat," kata Kid.
Bupati Bangka H. Tarmizi Saat semasa kecilnya selalu mendapatkan ilmu agama dari orang tuanya Almarhum H. Saat dan guru mengajinya.

"Setiap hari kita mengaji dulunya, pakai lampu botol minyak, ngaji sambil menghapal ayat Al Quran dan sekarang sangat berguna, bisa bantu orang atau masyarakat jadi imam, azan, termasuk hal lainnya, seperti mandi jenazah atau baca doa," tukas putera Desa Kemuja Desa Mendobarat ini di berbagai kesempatan.

Sumber: 
Dinkominfotik
Penulis: 
Lutfi Adam
Fotografer: 
Lutfi Adam
Editor: 
Lutfi
Tags: 
Berita Daerah