Sektor Perikanan, Prospek Cerah Untuk UMKM

Kabupaten Bangka mempunyai potensi yang sangat besar pada bidang pertanian dan perikanan. Tercatat nilai produksi dan nilai tangkapan ikan tahun 2015 berdasarkan data dari Dinas Perikanan Kabupaten Bangka mencapai 26.00d,42 ton dan budidaya ikan sebesar 477,80 ton.
Terkait hal tersebut, Kasi UMKM, Marliana pada Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (DinPMP2KUKM), Senin (10/4/17) di Sungailiat  mengungkapkan, sekarang ini dan kedepannya, untuk sektor perikanan termasuk pertanian mempunyai prospek yang cerah untuk masyarakat dalam membuka usaha kecil dan menengah.
"Sesuai dengan potensi kekayaan yang dimiliki Kabupaten Bangka, potensi perikanan dan pertanian sepertinya akan memegang peranan penting untuk UMKM ini kedepan di Kabupaten Bangka," katanya.
Yang terpenting sekarang ini adalah pembinaan melalui pemberdayaan pengembangan usaha yang harus dilakukan dan tingkatkan.
"Pihak Pemkab Bangka terus melakukan pembinaan, kita berikan pelatihan juga kerjasama dengan provinsi dan pihak lainnya sehingga pelaku usaha ini bisa mandiri, maju dan berkembang," harapnya.
Selain itu juga, perikanan dan pertanian ini sumber daya alamnya sangat melimpah dan bisa dijadikan usaha utama bagi masyarakat, mengingat bahan bakunya masih banyak tersedia.
"Kita ingin pelaku usaha ini aman, dan terdaftar baik dalam bentu izin, amdal, dan lainnya, karena usaha itu ada nilai positif, dan negatifnya, jadi harus kita mengolahnya," katanya.

Kedepan juga, Marliana mengharapkan peran sinergi dari semua SKPD untuk dapat memajukan pelaku usaha kecil dan menengah ini sehingga mereka bisa berkembang dan menjadi kebanggaan bagi daerah.

Sumber: 
Dinkominfotik
Penulis: 
Lutfi Adam
Fotografer: 
Lutfi Adam
Editor: 
Lutfi
Tags: 
Berita Daerah