Sambut Imlek, Seribu Bibit Pelawan Ditanam di Bukit Rebo

Seribu bibit pohon Pelawan, kayu khas Bangka Belitung ditanam secara serentak di kaki bukit Rebo Kelurahan Jelitik Kecamatan Sungailiat Kabupaten Bangka. Kegiatan ini langsung dihadiri Bupati Bangka H. Tarmizi Saat yang membuka kegiatan penanaman secara massal, Sabtu (27/1/18). Tampak mendampingi Bupati Bangka, Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Marwan S.Ag, dan pejabat lainnya yang disponsori oleh Yayasan Bangka Alam Lestari.
Bupati dalam arahannya menyambut baik dengan kegiatan yang merupakan salah satu cara menjaga alam Kabupaten Bangka.
"Daerah ini sangat strategis dan masuk dalam Kawasan Ekonomi Khusus, jadi kita mesti mempersiapkan diri juga," ungkap bupati.
Selain itu juga dengan bibit Pelawan yang ditanam di Bukit Rebo ini, sangat bermanfaat sekali.
"Pohon ini sangat menguntungkan dari daun sampai akar bisa digunakan, daunya untuk teh dan tanah disekitarnya bisa tumbuh jamur dengan harga yang sangat tinggi dan bisa meningkatkan perekonomian," kata bupati.
Kedepan juga, orang nomor satu di Kabupaten Bangka ini, mengharapkan, kegiatan penanaman ini salah satu upaya menggiatkan aksi penghijauan dengan menghasilkan hal yang lebih besar, dan bisa menghijaukan alam lingkungan.
"Jaga selalu nanti dari Dinas Pertanian atau Kehutanan untuk dapat mengawal, karena Pelawan ini sangat susah, kalau akarnya tidak kuat, bisa mati," katanya.
Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Marwan mengungkapkan pihaknya berharap masyarakat terus menjaga dan merajut asa untuk memperhatikan hutan dan alam sekitar.
"Dengan rintisan yang dilakukan Yayasan Bangka Alam Lestari, diharapkan bisa menjadi motivasi dalam menjaga hutan kita ini, jangan sampai ada lagi perusakan hutan, terutama di kawasan Bukit Rebo ini," harapnya.
Sementara itu, ketua panitia kegiatan penanaman bibit pohon pelawan sekaligus mewakili Yayasan Bangka Alam Lestari, Siowping mengungkapkan kegiatan ini mendukung aksi penanaman sejuta pohon dan untuk kita kita mulai dengan penanaman seribu pohon di Bukit Rebo ini.
"Kita sambut tahun baru China atau imlek, dengan menanam pohon dan kita pilih Pelawan karena merupakan khas Bangka dan bisa banyak manfaatnya juga," kata Siowping.
Selain itu juga lanjut Siowping, kawasan Bukit Rebo ini juga bisa dijadikan tempat untuk menenangkan diri atau meditasi semua agama.
"Diatas sana ada gua, jadi nanti kita urus izinnya seluas 50 hektar dan rencananya akan dimanfaatkan untuk wisata religi bagi kita semuanya," katanya.

Untuk itu Siowping berharap, dukungan semua pihak, apa yang dilakukan Yayasan Bangka Alam Lestari sehingga bisa bermanfaat untuk lngkungan dan masyarakat juga.

Sumber: 
Pemkab Bangka
Penulis: 
Lutfi Adam
Fotografer: 
Lutfi Adam
Editor: 
M Khadafi
Tags: 
Berita Daerah