Safari Ramadhan Pemkab Bangka di Sinar Baru, Santuni Warga dan Bantuan Masjid

Sungailiat - Perjalanan safari Ramadhan Pemkab Bangka pada 1439 H sudah hampir mendekati akhir. Tinggal satu tujuan lagi yakni safari Ramdhan pada malam hari di desa Jurung kecamatan Merawang, Jumat (8/6).

Safari Ramadhan Kamis siang ( 7/6/18) berlangsung di masid Nurul Falah, Kelurahan Sinar Baru, Kecamatan Sungailiat. Seperti biasanya tim Safari Ramadhan menyerahkan bantuan untuk masjid Nurul Fallah berupa alat pengeras suara dan beberapa sajadah. Disamping itu diserahkan santunan untuk anak yatim dan keluarga kurang mampu berupa alat sekolah serta kaum dhuafa berupa bahan kebutuhan pokok.

Staf Ahli Bupati Bangka Zulkarnain Idrus mengharapkan kepada warga jangan melihat dari nilai apa yang diberikan, namun keinginan yang ikhlas dari tim safari Ramdhan  ingin meningkatkan silaturahmi dengan jemaah masjid Nurul Falah.

“ Maksud dan tujuan dari safari Ramdhan ini adalah untuk meningkatkan silaturahmi dengan masyarakat hingga ke desa -  desa, kami mengucapkan terimakasih karena sudah diterima dengan baik,” ujar Zulkarnain yang mewakili Bupati Bangka di hadapan jemaah masjid Nurul Falah.

Kesempatan itu disampaikan ceramah agama oleh Kepala Baznas kabupaten Bangka H. M. Nasir Hasan yang mengingat para jemaah untuk membayar zakat, karena membayar zakat sama halnya dengan puasa yakni hukumnya wajib.

Pembayaran zakat tidak hanya zakat fitrah, namun juga ada zakat harta, zakat profesi yang dapat disalurkan melalui Baznas maupun UPZ.

Hasil penetapan besaran zakat yang dilakukan Baznas dengan unsur terkait telah menetapkankan zakat fitrah yakni per jiwa sebanyak 2,5 kg beras atau bila diuangkan Rp 32.500/jiwa.

Nasir Hasan menjelaskan, zakat fitra yang dibayarkan adalah beras yang sehari - hari dimakan dengan mutu dan harga yang sama dengan pembayar zakat, ketika disalurkan melalui UPZ.

Sedangkan untuk vidia sudah ditetapkan pembayaran per hari sebesar Rp 20 ribu.

“ Vidia dibayarkan untuk mereka yang tidak menjalankan puasa karena usia sudah lanjut, sakit berat yang tidak bisa lagi menggantikan puasa yang ditinggalkan, sudah kita tetapkan sebesar Rp 20 ribu rupiah untuk satu hari puasa yang ditinggalkan guna memberi makan orang miskin,” ungkapnya.

Perjalan safari Ramdhan Pemkab Bangka sudah menggunjungi masjid dan surau yang tersebar di 8 kecamatan di kabupaten Bangka. Program ini digelar setiap stahun, setiap Bulan Suci Ramdhan. (Pemkab Bangka)

Sumber: 
Humas dan Protokol
Penulis: 
Rustian Al Ansori
Fotografer: 
Humas dan Protokol
Editor: 
Rustian Al Ansori
Tags: 
Berita Daerah