Reklamasi Bisa Ditanam Tanaman Holtikultura Dan Pangan

Lahan tidur yang tidak dimanfaatkan dan eks tambang harus direklamasi dan bermanfaat untuk masyarakat. Hal ini terkait dengan banyaknya lahan kritis yang ada di Kabupaten Bangka. Menurut Bupati Bangka H. Tarmizi Saat ketika menghadiri kegiatan Bhabinkamtibmas Go Green di Desa Pemali dan Desa Tutut Kecamatan Pemali Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Kamis (13/7/17) mengungkapkan, lahan yang akan direklamasi bisa ditanami selain tanaman holtikultura atau buah-buahan, bisa ditanami juga dengan tanaman pangan.
"Kalau kita lihat di Kampung Pasir sebelah kiri, depan Batavia itu, di pasir itu orang bisa menghasilkan sayur yang banyak, mengapa kita tidak bisa," tanya bupati.
Untuk kedepan, orang nomor satu di Kabupaten Bangka itu menghimbau kepada masyarakat untuk terus berusaha dan berupaya serta mengubah hidup sehingga semakin lebih baik kedepannya. "Kita berusaha bersama-sama lah," katanya.
Selain itu juga, mantan sekda Bangka ini mengharapkan program reklamasi ini terus dilanjutkan dengan kerjasama dengan banyak pihak.
"Kita dengan TNI sudah kerjasama melalui karya bakti buat jalan, kemudian jamban, nanti Rumah Tidak Layak Huni menjadi Rumah Layak Huni, dan hal ini merupakan salah satu bentuk amal ibadah kita dalam membantu masyarakat kita yang tidak mampu," jelas bupati.
Kedepan juga, bupati berpesan, tanaman yang telah ditanam ini bisa dipelihara dan dapat menghasilkan.

"Semoga bermanfaat, dan menjadi hal penting bagi kita dalam membangun daerah ini, di tengah lahan kritis yang banyak," tukasnya.

Sumber: 
Dinkominfotik
Penulis: 
Lutfi Adam
Fotografer: 
Lutfi Adam
Editor: 
Lutfi
Tags: 
Berita Daerah