Punya Usaha Produk Makanan, Ini Syarat dan Langkah Pembuatan PIRT

Sungailiat – Pengeluaran izin Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT) oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka adalah bertujuan untuk memenuhi hak-hak konsumen bahwa produk makanan yang dijual dipasaran telah memenuhi kelayakan dalam pegolahan produk makanan serta lingkungannya.  

“Tujuan utama kita bahwa penerbitan izin PIRT tersebut sebagai bukti bahwa setiap produk makanan yang di hasilkan dari usaha rumahan tersebut terjamin oleh Dinas Kesehatan, itu kan bisa dilihat dikemasannya ada nomor PIRT nya. Jadi masyarakat atau konsumen itu mengetahui bahwa produk tersebut aman itu intinya,” jelas Anggia Murni, SKM, MKM,

Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka, Rabu (06/06/18) saat ditemui diruangannya.

Lebih lanjut Anggia menginformasikan beberapa prosedur serta persyaratan yang harus dilengkapi untuk melakukan kepengurusan dalam penerbitan Sertifikat PIRT tersebut yakni Sertifikat Penyuluhan Keamanan Pangan, Sertifikat Lain Hygen Sanitasi, kemudian surat permohonan, rekomendasi Puskesmas, fotokopi KTP, pas foto 4x6, contoh label produk pangan, dan denah lokasi bangunan dan diajukan ke Dinas Kesehatan Kab Bangka di Jalan Ahmad Yani, Jalur Dua, Sungailiat.

“Jadi untuk penerbitan sertifikat PIRT ini ada beberapa hal yang harus dipersiapkan ya yakni Sertifikat Penyuluhan Keamanan Pangan yang di keluarkan oleh Dinas Kesehatan setelah mereka mengikuti penyuluhan ya tentunya, kemudian harus ada Sertifikat Lain Hygen Sanitasi yang dikeluarkan oleh Dinas kesehatan artinya mereka IRT mereka memenuhi kelayakan dan prosedur ya, kemudian surat permohonan, rekomendasi Puskesmas, fotokopi KTP, pas foto 4x6, contoh label produk pangan, dan denah lokasi bangunan. Semuanya diajukan ke Dinas Kesehatan tanpa biaya, gratis,”ungkap Anggia.

Untuk pembuatan Sertifikat Higienis, menurut Anggia, Dinas Kesehatan bekerja sama dengan Puskesmas untuk melihat sumber air dan pengolahan makanan dari usaha yang diajukan. Sertifikat ini menjadi syarat penting pemberian izin PIRT.

“Ada beberapa langkah kita lakukan yakni tim kita dari Dinkes berkolaborasi dengan pihak Puskesmas untuk mengecek sumber airnya apakah higienis ya kemudian tempatnya apakah higienis, kemudian untuk pengolah makanannya itu kita lihat apakah higienis juga, kemudian lingkungannya secara keseluruhan harus higienis ya semuanya, nah kemudian setelah mereka kita anggap memenuhi persyaratan tersebut maka kita akan terbitkan Sertifikat Laik Hygen Sanitasi ya ini tentu merupakan salah satu syarat penting untuk mendapat sertifikat dari PIRT ini pada dasarnya,”ungkap Anggia.

Anggia berharap agar semua PIRT yang ada di Kabupaten Bangka ke depan semuanya memiliki Sertifikat PIRT resmi dari Dinkes Kabupaten Bangka sehingga kepercayaan masyarakat serta jaminan produk sehat tentu dalam membuat konsumen merasa tidak was-was dalam membeli produk makanan tersebut.

“Harapan kita tentu ya agar semua PIRT yang ada di Kabupaten Bangka semua harus memiliki seritikat PIRT ya, dan bagi yang belum mengurus terkait Sertifikat PIRT ini maka agar sesegera mungkin untuk melakukan kepengurusan ke Dinas Kesehatan ya, pasti kita bantu,  ya tentu agar mereka mendapat kepercayaan dari konsumen ya terkait produknya tersebut dan bagi konsumen agar cerdas dalam memilih produk makanan ya terkhusus yang bersertifikat PIRT ini,” tutup Anggia. (Pemkab Bangka)

 

Syarat Pembuatan PIRT di Dinas Kesehatan Kab. Bangka

 

  1. Sertifikat Penyuluhan Keamanan Pangan yang di keluarkan oleh Dinas Kesehatan setelah mereka mengikuti penyuluhan ya tentunya, kemudian harus ada
  2. Sertifikat Lain Hygen Sanitasi yang dikeluarkan oleh Dinas kesehatan artinya mereka IRT mereka memenuhi kelayakan dan prosedur.
  3. Surat permohonan,
  4. Rekomendasi Puskesmas,
  5. Fotokopi KTP,
  6. Pas foto 4x6,
  7. Contoh label produk pangan, dan
  8. Denah lokasi bangunan.

 

  • Sumber Dinas Kesehatan Kab Bangka
Sumber: 
Dinkominfotik
Penulis: 
Dede Sukmana
Fotografer: 
Dede Sukmana (Dinkominfotik)
Editor: 
Khadafi
Tags: 
Berita Daerah