PKK Desa Harus Inspirasi Dan Kreatif

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bangka, Hj. Mina Tarmizi mengharapkan kunjungan kerja yang dilakukan pkk desa dapat diterapkan di desa maupun kecamatan.

"Kita kunjungan kerja diharapkan bisa membangun dan membentuk kreatifitas sehingga bisa maju dan berkembang baik dalam sikap, etika dan kualitas diri," ungkap Mina, Selasa (16/5:17) dalam kegiatan Bimbingan Teknis Etika Pengembangan Pribadi Yang Berkualitas dan keterampilan kerajinan tangan di Lingkungan Rumah Tangga bagi  PKK Desa se-Kabupaten Bangka, Selasa di Bukit Tinggi Sumatera Barat.Diuraikan Mina lagi, kegiatan yang telah dilakukan dan dipelajari, harus bisa diterapkan, dimodifikasi untuk kemajuan desa.

"Harus bisa menciptakan produk yang khas, ciptakan one village one product di desa itu apa, sehingga bisa membantu pembangunan di desa," tegasnya.

PKK merupakan mitra pemerintah, sehingga apa yang menjadi prorgam pemerintah dapat diketahui dan dibantu untuk kepentingan masyarakat.

"Harus ada keterkaitan, antara program pemerintah, program desa dan program tim pkk desa, karena pkk merupakan mitra pemerintah, anggaran yang diberikan kepada pkk merupakan anggaran pemerintah juga, jadi kita harus bisa memanfaatkannya untuk kepentingan dan kreatifitas perempuan dan masyarakat.

"Jadi semoga desa di Kabupaten Bangka harus menjadi kebanggaan tersendiri hasil karyanya, jadi harus ada hasil dan karya nyata di desa," harapnya.

Selain itu juga, pkk desa juga berinspirasi, berkreasi, dan ilmu dan pengetahuan yang didapat, harus bisa diterapkan untuk desa dan membantu yang lainnya, jangan terbuang percuma.

Sementara itu, Sri Rahayu Suroso, selaku pakar etika dari Lembaga Pendidikan CARISA mengungkapkan pkk desa harus menjadi penggerak masyarakat untuk membantu kepala desa dalam melayani dan membangun desa.

"Kegiatan pkk merupakan kegiatan sosial, kegiatan dari hati, tulus, ikhlas, tidak ada pamrih," ulasnya. arus menjadi kebanggaan tersendiri hasil karyanya, jadi harus ada hasil dan karya nyata di desa," harapnya.

"Kita harus menjadi contoh dan motor penggerak, apa yang didapat sekarang ini harus ditingkatkan kualitas, mempunyai tata krama yang baik untuk menjadi pribadi yang lebih baik dan berkualitas," harap Sri.

 

Sumber: 
Dinkominfotik
Penulis: 
Lutfi Adam
Fotografer: 
Lutfi Adam
Editor: 
Lutfi
Tags: 
Berita Daerah