PKK Desa Harus Diberdayakan

Menciptakan produk unggulan di desa harus sesuai dengan karakterisitik desa tersebut. Potensi desa juga harus diperhatikan sehingga memudahkan masyarakat untuk membuat produk unggulan desa. Hal ini diungkapkan Bupati Bangka H. Tarmizi Saat ketika meresmikan kantor kepala desa Penagan, Senin (29/1/18) di Desa Penagan.
Diuraikan bupati, untuk semua desa di Kabupaten Bangka, dirinya berharap desa terus meningkatkan kreatifitas sehingga bisa memajukan desa. Untuk itu kata bupati peran ibu PKK sangat penting dalam mewujudkan semuannya.
"Harus ada produk unggulannya di Desa Penagan ini, seperti terasi Penagan, ikan bakar penagan, ikan salai, dan lain sebagainya, harus ada pokoknya, dan dibuat pengelolaanya sehingga bisa menambah pendapatan," kata bupati.
Dikatakannya, untuk sekarang ini desa-desa juga harus mempunyai sarana yang baik di desa, mulai dari embung, BUMDes, infrastruktur dan one village one product.
"Sekarang embung dan spam harus ada di Penagan ini, dan lainnya juga," katanya.
Lebih lanjut bupati mengatakan desa Penagan walaupun berada di ujung di kecamatan Mendobarat, harus bisa bersaing dengan desa lain sehingga perkembangannya semakin maju.
"Harus bisa menjadi desa yang unggul dengan segala potensi yang ada," katanya.
Selain itu juga, koordinasi dan kolaborasi, harus dilakukan semua unsur masyarakat, baik itu aparat desa, dan lainnya saling bahu-membahu untuk kemajuan desa.

"PKK harus dibantu dan menjadi mitra pemerintah desa untuk memberdayakan masyarakat," katanya.

Sumber: 
Pemkab Bangka
Penulis: 
Lutfi Adam
Fotografer: 
Lutfi Adam
Editor: 
M Khadafi
Tags: 
Berita Daerah