PKK Desa Harus Bisa Jaga Sikap dan Etika

PKK Desa Se-Kabupaten Bangka diharapkan bisa menjadi pengayom dan contoh bagi masyarakat dan anggotanya.

"PKK harus bisa menjadi dirinya sendiri dengan menjaga sikap, kepribadian dan etika sehingga bisa menjadi teladan, dan pengayom di desa dan masyarakat," ungkap Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bangka, H. Mina Tarmizi dalam pembukaan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Etika Pengembangan Pribadi Yang Berkualitas dan keterampilan kerajinan tangan di Lingkungan Rumah Tangga bagiĀ  PKK Desa se-Kabupaten Bangka, Selasa (16/5/17) di Bukit Tinggi Sumatera Barat.

Diuraikan Mina, kegiatan bimtek pengembangan diri ini merupakan salah satu cara bagi PKK Desa haru lebih maju dan berpikir cerdas sehingga bisa membantu suami sebagai kepala desa untuk pengembangan dan kemajuan desa.

"Kita harus bisa menempatkan diri, siapa kita, baik itu pendamping suami, atau ketua organisasi, jadi harus dibedakan, dan dapat diketahui semua ketua pkk," ungkapnya.

Diuraikan Mina lagi, etika kepribadian sangat diperlukan bagi pkk desa maupuan kecamatan serta kabupaten untuk dapat diterapkan dalam kegiatan sehari-hari maupun hal lainnya.

"Kita harus bisa menerapkannya, apalagi ada tamu, jadi bisa melayaninya dengan baik dan benar sesuai dengan etika dan tatanan yang telah ditentukan, jangan hanya sekedarnya, namun harus bisa," katanya.

Sementara itu Ketua Asosiasi Pemerintah Desa Indonesia (APDESI) Kabupaten Bangka, Imran Yunus mengungkapkan PKK Desa diharapkan menjadi motor penggerak pendamping suami sehingga sebagai ketua pkk desa bisa membanggakan dan dapat menerapkan hal yang positif untuk desa.

"Bimtek ini bisa membuat perempuan bisa lebih maju, menambah wawasan dan pengetahuan juga, jaga sikap dan penampilan baik di dalam maupun luar desa," katanya.

Kegiatan bimtek ini merupakan kerjasama antara Tunas Lembaga Bimbingan dan Peningkatan Potensi Desa dan APDESI Kabupaten Bangka dengan mendatangkan pakar etika kepribadian, Sri Rahayu Surosa dari Sri Suroso Lembaga Pendidikan CARISSA dari Palembang yang bertujuan membangun pribadi yang berkualitas.

Sumber: 
Dinkominfotik
Penulis: 
Lutfi Adam
Fotografer: 
Lutfi Adam
Editor: 
Lutfi
Tags: 
Berita Daerah