PKK Bangka Sambangi Desa Wisata Daur Ulang dan Magrove Tukak

Dalam orientasi lapangan Bimbingan Teknis (Bimtek) Tim Penggerak PKK Kabupaten Bangka, Rabu (11/10/17) melakukan kunjungan kerja ke desa Lingkungan Bersih dan Sehat, Desa Tukak Kabupaten Bangka Selatan. Desa Tukak yang masuk dalam kecamatan Tukak Sadai merupakan desa wisata daur ulang ang ditetapkan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Bangka Selatan dan juga deswa wisata magrove. Terkait hal inilah, PKK desa se-Kabupaten Bangka melakukan kunjungan kerja bekerja sama dengan DPC APDESI Kabupaten Bangka. Tampak hadir juga, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bangka, Hj. Mina Tarmizi dan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bangka Selatan, Ekawati Justiar Noer dalam kegiatan orientasi lapangan tersebut.
Menurut Hj. Mina Tarmizi, dipilih desa Tukak dalam orientasi lapangan ke Kabupaten Bangka Selatan ini, dikarenakan desa Tukak yang berlokasi di ujung timur Kota Toboali ini karena beberapa faktor diantaranya desa yang bisa mendaur ulang bahan plastik menjadi barang yang bermanfaat sehingga bisa menjadi yang terbaik dalam kategori Lingkungan Bersih dan Sehat.
Selain itu juga, desa Tukak bisa menjadi contoh desa yang lain karena sangat kreatif.
"Pkk bisa membantu kepala desanya, aparat desanya, untuk mewujudkan desa yang kreatif dan bisa memajukan negeri Serumpun Sebalai ini sehingga bisa dikenal baik di tingkat nasional maupun internasional," katanya.
Sementara Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bangka Selatan, Ekawati Justiar Noer menjelaskan, desa Tukak ini merupakan salah satu desa yang bisa menjadi ikon di Kabupaten Bangka Selatan.
"Walaupun di ujung, namun desa ini mulai bergeliat, kita lihat ada produk daur ulangnya, wisata magrovenya yang bisa menjadi andalan selain potensi laut dan ikannya yang telah menjadi idola dari dulu," ungkap Ekawati.
Sementara itu, Kades Tukak Syamsudin mengatakan Desa Tukak sebagai desa wisata daur ulang telah ditetapkan oleh Bupati Bangka Selatan. Selain itu juga menjadi desa wisata magrove, "Masyarakat bisa kreatif dan menambah ekonomi masyarakat sekarang ini berkat bantuan semua pihak termasuk pkk juga, sehingga bisa menjadi desa Lingkungan Bersih Dan Sehat dan hal ini bisa menjadi beban dan sekaligus tantangan untuk lebih menjadi lebih baik lagi," harap Syamsudin.
Orientasi Lapangan PKK Kabupaten Bangka juga melakukan peninjauan ke salah satu galeri barang daur ulang dari botol plastik, seperti tempat minuman, buah, kerajinan kerang dan lainnya

Sumber: 
Dinkominfotik
Penulis: 
Lutfi Adam
Fotografer: 
Lutfi Adam
Editor: 
Lutfi
Tags: 
Berita Daerah