Piala Adipura 2017, Terima Kasih Pasukan Kuning & Masyarakat Sungailiat

SUNGAILIAT- Bupati Bangka, Ir. H. Tarmizi Saat, MM menerima secara langsung Piala Adipura ke-9 yang diserahkan langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya, pada acara malam Anugerah Lingkungan Hidup Tahun 2017 di Manggala Wana Bakti Kementerian Lingkungan Hidup Kehutanan, Rabu (02/08/2017). Kota Sungailiat yang mempunyai semboyan Kota Berteman (Bersih, Tertib dan Aman) telah meraih Piala Adipura ke sembilan yakni tahun 1997, 2005, 2006, 2007, 2008, 2009, 2010, 2013 dan 2017. Sedangkan untuk tahun 2012 Kota Sungailiat hanya meraih sertifikat Adipura.

Pagi harinya, Kamis (03/08/2017) lambang supremasi kebersihan lingkungan tersebut dibawa langsung oleh Bupati Bangka dan tiba di Bandara Depati Amir Pangkalpinang sekitar pukul 08.00 WIB untuk kemudian menuju perbatasan Kota Sungailiat di Komplek Perumahan PNS Kenanga yang diterima oleh Ketua DPRD Bangka, Parulian untuk kemudian dikirab keliling Kota Sungailiat bersama dengan Camat Sungailiat, para lurah di Sungailiat, Kepala OPD Pemda Bangka, Komunitas Jeep, Laskar Sekaban, Pasukan Kuning, dan instansi lainnya.

Bupati Bangka, Ir. H. Tarmizi Saat, MM dalam acara penerimaan Piala Adipura di Halaman Kantor Bupati Bangka mengatakan bahwa kedepannya untuk mempertahankan Piala Adipura tidak gampang karena memiliki tugas yang harus dirampungkan. Mulai dari permasalahan tambang illegal, Perkebunan Kelapa Sawit, Tempat Pembuangan Akhir yang harus diminimalisir, program penghijauan di lahan kritis dan peralatan dan kelengkapan yang digunakan pasukan kuning dalam membersihkan lingkungan yang harus segera dilengkapi.

Menurut orang nomor satu di Kabupaten Bangka ini, untuk merampungkan tugas tersebut, Pemkab Bangka tidak dapat berjalan sendiri. Namun dalam hal ini perlu melibatkan akademisi untuk melakukan kajian, para pengusaha, busnisman, masyarakat, civitas akademisi, sekolah, perguruan tinggi, Rumah Sakit dan juga Pemerintah Daerah. Serta, untuk mempertahankan Adipura akan ada bentuk pembinaan untuk Go Green.

"Terima kasih kepada pasukan kuning dan masyarakat Kota Sungaiiat yang telah bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan. Piala Adipura ini adalah kerja kita semua dalam menjaga lingkungan,"jelas Tarmizi.

Dalam kesempatan itu juga, salah satu poin penting yakni mengenai adanya peristiwa kebakaran hutan yang harus mendapat tindakan tegas untuk diberikan sanksi karena hal tersebut bukan merupakan perbuatan ringan dan harus ada model punishment, Model pengintaian, dan kalau tertangkap harus ditindak tegas yang dilakuka secara bertahap tidak bisa langsung.

''Piala Adipura walaupun sudah diraih 9 kali jangan jadi tujuan utam, jadi tak berhenti sampai di situ. Paling penting hadirnya Piala Adipura di Bangka bisa menjadi momentum bagi semua lapisan masyarakat bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan. Itu harus menjadi keseharian, sehingga kebersihan di Bangka tetap terjaga,"ungkap Tarmizi.

Dalam kegiatan tersebut, tampak hadir Asisten Administrasi Umum Pemprov Babel, K.A Tajuddin, unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kabupaten Bangka, para Kepala OPD Pemda Bangka, instansi vertikal, BUMN, pimpinan perbankan, dan para tamu undangan lainnya.

Dalam kesempata itu juga diserahkan piagam adiwiyata kepada sekolah yang menghijaukan lingkungannya, penghargaan kepada beberapa organisasi seperti Laskar Sekaban yang turut andil dalam menjaga lingkungan di Kota Sungailiat. (Eddo Richardo/Humas Pemkab Bangka)

Sumber: 
Humas Bangka
Penulis: 
Eddo Richardo
Fotografer: 
Hendra/Junialdi
Editor: 
Eddo Richardo
Tags: 
Berita Daerah