Pemkab Bangka Terima Ambulance 119 dari Provinsi Babel

SUNGAILIAT- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka menerima 1 unit Mobil Ambulance dari Pemerintah Provinsi Babel untuk digunakan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Public Safety Care (PSC) 119 Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu (SPGDT) Sepintu Sedulang Kabupaten Bangka, Senin (13/8/2018) di halaman Kantor Bupati Bangka.

Bupati Bangka, H. Tarmizi Saat, dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas bantuan dari Provinsi Babel berupa 1 unit Ambulance yang digunakan tim PSC 119 dalam melayani kegawatdaruratan di Kabupaten Bangka yang mana keseluruhan Ambulance PSC 119 menjadi 3 unit mobil Ambulance.

‘’Kita harapkan kedepannya dengan bupati baru, seluruh kecamatan di Kabupaten Bangka dan di Kantor Bupati ini ada pelayanan PSC 119 kegawatdaruratan,’’ungkap Bupati Bangka.

Dalam kesempatan itu juga, Bupati Bangka, Tarmizi Saat, memberikan arahan kepada tim PSC 119 agar dalam pelaksanaan tugas harus ceria, cerdas, disiplin, etos kerja, dan santun. Ceria dalam memberikan pelayanan sehingga masyarakat merasa puas, cerdas dalam mengambil keputusan penanganan gawat darurat, disiplin karena korban gawat darurat mempunyai waktu yang sangat berharga dan jika tidak disiplin bisa berakibat fatal, etos kerja yang tinggi dan santun terhadap masyarakat.

‘’Selain itu juga harus terus kembangkan potensi diri (KEPO), bawa perubahan (BAPER) yang lebih baik, unggul dan tangguh (UTANG). Dalam penanganan kesehatan saat ini kita juga harus mengedepankan penanganan secara preventif,’’jelas Bupati Bangka.

Dijelaskan Bupati Bangka lagi, kedepannya juga akan bekerjasama dengan ITB untuk menyekolahkan guru Fisika mengambil magister Fisika Pembelajaran dan juga 20 anak akan disekelohkan di ITB. Anak-anak yang hapal Al Quran juga dicari perguruan tinggi untuk disekolahkan. Untuk mendukung Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata juga akan disekolahkan anak-anak yang berprestasi di sekolah pariwisata.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Babel, Drg. Mulyono Susanto, dalam sambutannya mengatakan bahwa Ambulance tersebut berasal dari Dana Bantuan (DABA) Provinsi Babel yang mana pada tahun 2018 ini ada 3 kabupaten yang mendapatkannya.

Dirinya juga mengucapkan rasa syukur karena Kabupaten Bangka telah melaksanakan program pemerintah PSC sejah tahun 2011 dan perkembangannya saat ini sudah sangat pesat dan berlevel  nasional karena sudah beberapa kali menjadi tempat pembelajaran daerah lain.

‘’Pelayanan kesehatan di Kabupaten Bangka sudah berkembang pesat dan Puskesmasnya juga bisa dibanggakan karena sudah seperti rumah sakit. Bantuan Ambulance ini bisa digunakan untuk pelayanan kesehatan masyarakat di Bangka,’’ujar Mulyono.

Dalam kegiatan yang dilaksanakan setelah apel pagi bersama tersebut dihadiri seluruh OPD di lingkungan Pemda Bangka yang mana kepala Dinas Provinsi Babel menyerahkan kunci mobil Ambulance kepada Bangka yang kemudian menyerahkan kepada Kepala UPT PSC 119, Agung.

Pada kesempatan itu juga, Bupati Bangka bersama Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Babel melakukan pengecekan Mobil Ambulance beserta peralatannya agar siap digunakan untuk melayani masyarakat. (Pemkab Bangka)

Sumber: 
Humas dan Protokol
Penulis: 
Eddo Richardo
Fotografer: 
Humas dan Protokol
Editor: 
Rustian Al Ansori
Tags: 
Berita Daerah