Pemkab Bangka Sosilisasi Sebagai Kabupaten Layak Anak

Mewujudkan Kabupaten Bangka sebagai kabupaten layak anak, Pemerintah kabupaten Bangka terus melakukan sosialisasi.

Sosialisasi tersebut juga melibatkan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak yang berlangsung Rabu (31/5) di Gedung Wanita Sungailiat.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Prempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Bangka Sukirman menjelaskan, tujuan sosialisasi diantaranya agar terciptanya koordinasi, sinegisitas antar instansi terkait dengan pembentukan kabupaten layak anak di kabupaten Bangka, meninkatkan komitmen Pemerintah, masyarakat dan dunia usaha dalam rakngka mewujudkan pembangunan yang responsif terhadap kebutuhan dan kepentingan untuk anak.

Kesempatan itu Bupati Bangka diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Bangka Tedy Sudarsono ketika membuka sosialisasi mengatakan, anak adalah masa depan Bangsa, generasi penerus cita – cita Bangsa sehingga setiap anak berhak untuk hidup dan berkembang , berpartisipasi, hak sipil, kebebasan, berhak medapatkan perlidungan dan terhindar dari diskriminasi.

“ Perlindungan hak – hak anak telah menjadi komitmen nasional dan internasional oleh karenanya diperlukan dukungan semua pihak, pemerintah, masyarakat, orang tua, keluarga bertanggungjawab dan berkewajiban memenuhi hak – hak anak,” ungkap Tedy.

Diharapkannya Kanupaten Bangka dapat mewujudkan upaya sebagai kabupaten layak anak.

Sementara itu Kepala Bidang Pemenuhan Hak Anak Atas Pendidikan pada Deputi Pengasuhan Keluarga dan Lingkungan Kementerian Pemberdayan Perempuan dan Perlindungan Anak RI, Sri Martani Wahyuwidiati mengatakan, anak merupakan generasi penerus dalam keluarga oleh sebab itu anak tanpa dibeda – beadakan harus mendapatkan hak untuk tumbuh kembang secara optimal dan harus dilindungi dari tindak kekeran, diskriminasi dalam perlakuan  sehingga nantinya mereka dapat menjadi anak – anak yang berkualitas dan pada saat dewasa nanti  dapat mandiri dan bermartabat serta mampu menerima tongkat estafet untuk mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia serta mampu menjadi Indonesia sebagai Negara maju dan berkembang dikacah Internasional.

Menurutnya, Anak kita merupakan individu yang belum matang  baik secara fisik, psikologis, mental maupun sosial sehingga anak – anak kabupaten Bangka membutuhkan pengasuhan dan perlindungan dalam masah tumbuhkembangnya.

“ Anak sudah harus dipersiapkan sejak  dari dalam kandungan,” tandas Sri.

Dikatakannya, pembangunan dilakukan sebagai peran semua pihak dapat bermanfaat bagi masyarakat, masyarakat itu siapa terdiri laki – laki, perempuan dan anak,.

“ Selama ini sudahkah kita berfikir kepada anak, saat ini dapat dilakukan dalam upaya mewujudkan Kabupaten Bangka sebagai kabupaten layak anak,” jelasnya.

Sedang sosialisai berlanhsung sehari dengan peserta sebanyak 130 orang  berasal dari seluruh unsur Muspida, Kepala OPD, para pengusaha, dan organisasi di lingkungan kabupaten Bangka.

Pembukaan sosialisasi juga dihadiri Forum Koordinas Pimpinan Daerah, Ketua tim Penggerak PKK Kabupaten Hj.Mina Tarmizi, tokoh agama, Kepala OPD dan undangan lainnya (*)

Sumber: 
Humas Bangka
Penulis: 
Rustian
Fotografer: 
Hendra
Editor: 
Rustian
Tags: 
Pemkab Bangka Sosilisasi Sebagai Kabupaten Layak Anak