Pemkab Bangka Segel Menara Telekomunikasi

Pemerintah Kabupaten Bangka menurunkan tim yang terdiri dari Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik, Dinas Lingkungan Hidup, Satpol PP, Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Perhubungan, Dinas Penanaman Modal Perizinan, Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Koperasi, UMKM, Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah dan Bagian Administrasi Pembangunan, Kecamatan Sungailiat dan Kecamatan Belinyu untuk melakukan penertiban menara telekomunikasi yang ada di Kabupaten Bangka, tepatnya di Kecamatan Sungailiat dan Belinyu, Rabu (15/3/17). Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan sebelumnya pada bulan Oktober tahun kemarin.
"Hari ini kita lakukan penertiban menara telekomunikasi berupa penyegelan dengan gembok yang belum mempunyai Izin Mendirikan Bangunan (IMB), dan izin gangguan (HO) milik menara telekomunikasi Telkom di Simpang Telkom Sungailiat dan Belinyu," ungkap Anwar, selaku Kabag Bagian Administrasi Pembangunan di lokasi penertiban di Kecamatan Sungailiat.
Dikatakan Anwar, menara telekomunikasi milik Telkom ini disegel dengan gembok, dikarenakan belum mempunyai IMB, dan HO, serta belum melakukan pengurusan izin, padahal telah dikonfirmasi sebelumnya oleh pihak Pemkab Bangka. "Menara telekomunikasi telkom ini tidak ada izinnya seperti IMB dan HO, maka pihak Pemkab Bangka melakukan tindakan berupa penyegelan dengan rantai dan gembok, danĀ  jika sudah ada pengurusan izin baru akan dilepaskan.
"Hari ini kita lakukan penyegelan di daerah Sungailiat dan Belinyu sesuai dengan surat tugas dari Bupati Bangka dan Pak Sekda juga," jelasnya lagi.
Dijelaskannya, jika pemilik menara telekomunikasi tidak bisa menunjukkan
izin baik itu IMB, dan izin gangguan (HO) maka pihak Pemerintah Kabupaten Bangka akan melakukan tindakan lebih tegas lagi.
"Kita sudah berkomunikasi dengan mereka sekitar bulan Oktober yang lalu, namun sepertinya belum ada tindak lanjut, pengurusan izinnya juga belum masuk ke bidang perizinan kita, jadi terpaksa kita lakukan penyegelan ini," tegasnya.
Diakui Anwar, tahun 2017 ini, Pemerintah Kabupaten Bangka terus dan akan melakukan penertiban yang sifatnya memberikan pelayanan umum kepada masyarakat, dan hal ini menurutnya harus dilakukan, supaya mematuhi peraturan dan hukum yang berlaku serta tertib baik dalam bentuk administrasi maupun tindakan.
"Kita ingin semuanya taat aturan, semua sama di mata hukum, dan dapat bekerja sama dengan baik, sehingga tidak terjadi penyimpangan aturan," harapnya.
Sementara itu, Kepala Bidang Komunikasi , Informatika dan Statistik (Dinkominfotik) Kabupaten Bangka Suryani seizin kepala Dinkominfotik mengungkapkan untuk sekarang ini di Kabupaten Bangka untuk Base Transceiver Station (BTS) atau menara telekomunikasi ada 150 menara telekomunikasi dan tersebar di delapan kecamatan di Kabupaten Bangka.
"Kegiatan ini kita lakukan kepada menara telekomunikasi yang tidak mempunyai izin seperti menara telekomunikasi milik Telkom ini, sehingga perlu kita lakukan penyegelan karena sebelumnya sudah kita komunikasikan dan memberikan waktu sekitar lima bulan, namun tidak mengindahkan, terpaksa dilakukan pengembokan atau penyegelan," ungkap Suryani di lokasi penertiban di Kecamatan Belinyu.
Selain itu juga, Suryani mengungkapkan, jika sesudah penyegelan, namun tidak dilakukan tindak lanjut pengurusan izin, maka akan dilakukan tindakan seperti penurunan daya, atau pemadaman listrik.
"Kita beri waktu dalam beberapa hari ini sekitar satu minggulah, jika tidak ada kepastian, Pemkab Bangka akan melakukan tindakan tegas lainnya, seperti penurunan daya, dan bisa juga pemadaman listrik," ungkapnya.

Kedepan juga Suryani mengatakan, kepada pemilik menara telokomunikasi untuk selalu dapat bekerja sama dan memberitahukan, serta mengurus izin terkait menara telekomunikasi ini.

Sumber: 
Dinkominfotik
Penulis: 
Lutfi Adam
Fotografer: 
Lutfi Adam
Editor: 
Lutfi
Tags: 
Berita Daerah