Pemkab Bangka Papar Rencana KEK Pariwisata di DPRD

Sungailiat - Pemkab Bangka memaparkan rencana pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus ( KEK )  Pariwisata Sungailiat diihadapan anggota DPRD Kabupaten Bangka.

Pemaparan rencana tersebut dilakukan Plt Bupati Bangka Drs. Rustamsyah, Sekda H. Bangka Akhmad Mukhsin, SH dan Kepala Bappeda Kabupaten Bangka Ir. Pan Budi Marwoto, MSi, Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga kabupaten Bangka Drs. Asep Setiawan, serta dari pihak konsorsium, Senin (9/4/18) di ruang Paripurna DPRD Kabupaten Bangka.

Rustamsyah mengatakan, Pemkab Bangka mengambil peluang yang ada melalui pembangunan  KEK Pariwisata guna meningkatkan geliat ekonomi masyarakat.

“ Tahun 2019 mendatang pariwisata merupakan sektor yang paling diandalkan dan  diharapkan mampu meningkatkan pendapatan bagi kabupaten Bangka,” kata Rustamsyah.

Diungkapkannya, pemerintah pusat melakukan pengembangan daerah yang memiliki potensi khususnya Sungailiat, untuk mengembangkan bidang pariwisata yakni KEK yang merupakan kawasan terbuka berbagai kegiatan pariwisata diharapkan mampu mendorong geliat kehidupan sektor lainnya terutama dalam menumbuhkan berbagai bidang perekonomian di kabupaten Bangka. Disamping itu akan mampu menggerakkan sektor yang lain, yang juga didukung dengan sumber daya alam yang tersedia.

Pemkab Bangka dalam melakukan pembangunan KEK Pariwisata melibatkan konsorsium, yang diantaranya memiliki kewajiban untuk melengkapi segala sesuatu yang berhubungan dengan terbentukkan KEK Pariwisata.

“ Didalam mempercepat pembangunan KEK Pariwisata diperlukan dukungan dari DPRD kabupaten Bangka sehingga dapat mewujudakan pembangunan kawasan KEK Pariwisata, saya mengharapkan dukungan anggota dewan yang terhormat,” ujarnya..

Dijelaskannya, Pemkab Bangka akan memfokuskan kepada investor lokal  sebagai soko guru pelaksana pembangunan KEK Pariwisata yang diantaranya telah terbentuk PT. Pantai Timur Sungailiat.

Hal senada juga disampaikan Kepala Bappeda Kabupaten Bangka Pan Budi Marwoto yang mengatakan, pariwisata merupakan sektor utama yang dapat meningkatkan perekonomian, selain sektor perkebunan di masa mendatang bagi Kabupaten Bangka.

Menurutnya, pembangunan kawasan KEK Pariwisata merupakan momentum yang tepat bagi kabupaten Bangka untuk mengembangkan sektor Pariwisata yang juga dapat menghidupkan sektor lainnya.

Pemaparan rencana pembangunan KEK Pariwisata Kabupaten Bangka oleh Pemkab Bangka dihadapan anggota DPRD Kabupaten Bangka, yang dipimpin Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bangka Rendra Basri. (Pemkab Bangka)

Sumber: 
Humas dan Protokol
Penulis: 
Rustian Al Ansori
Fotografer: 
Humas dan Protokol
Editor: 
Rustian Al Ansori
Tags: 
Berita Daerah