Pelayanan Publik Bangka Sukses Tindak Lanjuti 90 % Saran Evaluasi Kemenpan RB

Sungailiat – Dalam kurun waktu satu tahun, unit pelayanan publik Kabupaten Bangka semakin baik dengan telah menindaklanjuti 90% pembenahan dari hasil evaluasi tahun tahun 2017 oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

Hal tersebut dikatakan oleh Kepala Sub Bidang Evaluasi dan Pelaporan Kediputian Pelayanan Publik Menpan RB, Agus Febri S.Sos, Kamis (07/06/18) saat diwawancarai usai  melakukan evaluasi dan verifikasi data di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dindukpencapil) Kabupaten Bangka.

“Jadi berdasarkan hasil data yang kami dapatkan terhitung sampai hari ya, dapat ditarik kesimpulan apa yang kami sarankan pada tahun 2017 lalu itu sudah hampir 90% semuanya sudah ditindaklanjuti oleh empat unit pelayanan publik yang ada di Kabupaten Bangka ini, ini merupakan sebuah pencapaian yang luar biasa ya dan saya intinya mengingat mereka adalah unit-unit pelayanan publik merasa bangga, intinya semua agar masyarakat merasa nyaman serta puas namun tentu hasil secara resminya akan kita informasikan bulan Oktober dan November nanti itu ada grade yang kita berikan ya yang berjenjang dari A,B,C dan seterusnya,”ungkap Agus.

Agus mengatakan beberapa langkah penilaian yang diberikan dalam evaluasi dan monitoring kepada empat unit pelayanan yang ada di Kabupaten Bangka yakni Polres Bangka, RSUD Sungailiat, Dindukpencapil Kabupaten Bangka, dan PTSP Kabupaten Bangka. Agus menyebutkan ada tiga teknik dalam melakukan kegiatan penilaian tersebut.

“Kita melakukan evaluasi ini menggunakan teknik 3 form yang mana form pertama f01 itu diisi oleh penyelenggara layanan dalam hal ini pihak OPD ya dan mereka bisa menilai unitnya berdarkan data dan prestasi mereka, kedua f02 itu kami sebagai tim evaluator yang turun kelapangan dan melakukan penilaian disitu, dan f03 itu kita mencoba mendapatkan data tingkat kepuasan langsung dari masyarakat leat kuesioner minimal 10 orang pengisi kuesioner, nah dari kesemuanya tentu melalui prosedur yang ada pada kami akan kita akumulasikan kemudian nanti hasilnya akan kita umumkan ya, seperti itu,”pungkas Agus.

Lebih lanjut Agus mengatakan bahwa pihaknya melakukan kunjungan di Kabupaten Bangka tersebut terkait kegiatan monitoring dan evaluasi terhadap pelayanan publik selama empat hari dari tanggal 5 – 8 Juni 2018 dan menyampaikan alasan dari latar belakang pemilihan beberapa unti pelayanan publik tersebut.

“Tujuan kita memang menargetkan seluruh Dinas atau Instansi yang berhubungan dengan pelayanan Publik antara lain khususnya di Kabupaten Bangka ini antara lain Polres Bangka, RSUD Sungailiat, Dindukpencapil Kabupaten Bangka, dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kabupaten Bangka, dan kenapa empat tempat ini kita jadikan sasaran ya karena ketiga unit ini yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, kemudian dari keempat tempat ini kita coba evaluasi dan sekaligus pendampingan agar mereka setiap tahunnya ada kecenderungan untuk lebih baik lagi didalam pemberian pelayanan kepada masyarakat, tujuan initinya adalah agar masyarakat mendapatkan kepuasan,” pungkas Agus.

Sementara itu dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dindukpencapil) Kabupaten Bangka, Drs. Rahmat Gunawan, M.Si, mengatakan bahwa demi memajukan pelayana publik yang prima pihaknya akan terus melakukan pembenahan serta menindaklanjuti apa saja yang menjadi catatan dari evaluasi yang dilakukan dari Kemenpan RB tersebut.

“Jadi evaluasi Kemenpan RB ini kita harapkan mampu memberi saran serta rekomendasi kepada kita unit pelayanan Publik ya agar kita mengetahui apa saja yang perlu kita benahi, tindaklanjuti serta penuhi dari hari ke hari sehinga moto kita untuk memberikan pelayanan yang sebaik mungkin terhadap masyarakat itu semakin meningkat,” harap Rahmat. (Pemkab Bangka)

Sumber: 
Dinkominfotik
Penulis: 
Dede Sukmana
Fotografer: 
Dede Sukmana
Editor: 
Khadafi
Tags: 
Berita Daerah