Olahan Buah Pinang, Produk Unggulan Desa Jurung

Desa Jurung yang berada di Kecamatan Merawang, ternyata menyimpan potensi produk olahan yang layak untuk dikembangkan dan dipromosikan. Salah satunya potensi buah pinang. Buah pinang yang selama ini bagi sebagian masyarakat yang untuk digunakan menyirih atau untuk obat, ternyata mempunyai potensi lain yang sangat menguntungkan jika diolah secara serius. Buah pinang buatan desa Jurung ternyata biusa buat aneka olahan buah pinang produk unggulan, mulai dari teh, kopi dan jus pinang sampai permen
Menurut Sarbini, dirinya membuat produk olahan dari buah pinang dikarenakan bahan bakunya sangat mudah didapat dan bisa menghasilkan secara ekonomi.
"Kita dapatkan buah pinang ini dari masyarakat dan dari kebun juga, semua buahnya dari muda sampai tua bisa digunakan untuk membuat kopi, teh, jus dan lainnya," kata Sarbini, pemilik Sinyo, produk olahan dari pinang, Sabtu (2/12/17) di bazar milikmya dalam kegiatan Cinta dan Gemar Membaca Al Quran di SMPN 3 Desa Jurung Kecamatan Merawang.
Dituturkan Sarbini lagi, produk olahannya ini sangat terjangkau dan golongan menengah ke atas yang menyukainya.
"Bisa untuk vitalitas, menambag energi dan bisa untuk sakit maag juga," kata Sarbini.
Kedepan Sarbini berharap adanya perhatian dari semua pihak terutama pemerintah daerah sehingga usahanyan dapat berkembang dan bisa menjadi salah satu wadah untuk meningkatkan ekonomi dan bisa menjadi andalan desa dalam mendukung program One Village One Product .
"Sejauh ini banyak yang minat, sampai ke nasional bahkan luar negeri juga, seperti India, Pakistan dan lainnya," kata Sarbini.
Diharapkan Sarbini juga, produk olahan dari buah pinang ini semakin diminat dan masyarakat juga mulai memanfaatkan perkarangan untuk menanam pinang ini.

"Alhamdullilah sekarang sudah terlihat hasilnya pak, bisa meningkatkan ekonomi keluarga juga," kata Sarbini.

Sumber: 
Dinkominfotik
Penulis: 
Lutfi Adam
Fotografer: 
Lutfi Adam
Editor: 
Lutfi
Tags: 
Berita Daerah