Musim Hujan, Penyakit ISPA Mengintai

Musim penghujan yang terjadi dari beberapa bulan terakhir ini, membuat masyarakat untuk lebih ekstra hati-hati dalam menjaga kesehatan  dan waspada terhadap penyakit. Selain itu juga bahaya banjir dan tanah longsor bisa membuat masyarakat bisa mendapatkan kesusahan dan dapat terserang penyakit.
Untuk itu Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka, dr. Then Suyanti menghimabu musim penghujan seperti sekarang ini, masyarakat dapat menjaga kesehatan.
"Untuk sekarang ini, penyakit ISPA yang banyak diderita masyarakat kita selama musim penghujan, jadi mesti kontrol kesehatan dan bisa menjaga lingkungan," ungkap dr. Then, Jumat (5/1/17) usai melakukan aktivitas fisik dan olahraga di kantornya.
Diakuinya, penyakit ISPA atau Infeksi Saluran Pernafasan Akut merupakan infeksi yang menyerang saluran pernafasan manusia. Hal ini dikarenakan oleh virus atau bakteri.
"Infeksi ini bisa menyebabkan pada penyakit pilek, peradangan pada sinus, peradangan pada amandel, dan pada pita suara serta penyakit influenza," terangnya.
Untuk itu, dr. Then Suyanti menyarankan kepada warga yang terkena ISPA diharapkan dapat menjaga kesehatannya.

"Banyak istirahat dan mengkonsumsi makanan cairan, selain itu juga menjaga kebersihan lingkungan dan perilaku hidup bersih dan sehat dapat dilakukan setiap saat, karena masih ada warga kita yang tidak memperhatikan perilaku hidup bersih dan sehat," ingatnya.

Sumber: 
Dinkominfotik
Penulis: 
Lutfi Adam
Fotografer: 
Lutfi Adam
Editor: 
Lutfi
Tags: 
Berita Daerah