Mengisi Kemerdekaan, Generasi Muda Harus Berjiwa Patriot

Sungailiat – Pasca kemerdekaan peran generasi muda memegang peranan penting untuk kemajuan negara. Sebuah negara yang kokoh harus memiliki jiwa patriotisme yang sudah ditanamkan sejak dini.

Hal itulah yang dikatakan oleh Veteran RI kelahiran Lahat, Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), H. A. Effendi Mattjik, Kamis (16/08/18) saat ditemui dikediamannya di Sungailiat.

“Bisa saya sedikit bernostalgia dengan bersajak, pagiku hilang sudah melayang, batang usiaku sudah tinggi, sekarang petang datang membayang, kini masa mudaku telah pergi. Kepada yang muda ku harapkan, atur barisan guna mengabdi untuk negeri. Peran generasi penerus sangat penting dalam menjaga NKRI dalam segala aspek, jiwa patriotisme sangat dibutuhkan walaupun kita sudah merdeka,”ungkap Mattjik.

Saat ditanya, Mattjik menceritakan sedikit sekilas bagaimana proses dirinya dalam upaya mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia sejak dirinya direkrut menjadi Tentara Nasional Darurat SMP pada tahun 1947.

“Saya direkerut menjadi Tentara Nasional Darurat SMP pada tahun 1947 tepat setelah dua tahun setelah kemerdekaan RI, waktu saya dan teman-teman satu kelompok menggunakan metode perang Gorilla isitilahnya saat itu yakni kita dengan pasukan yang minim dengan persenjataan bambu runcing kalaupun ada kita dapat dari merampas senjata pasukan sekutu saat itu,”ungkap Mattjik.

Mattjik megatakan bahwa setelah berhasil mempertahankan kemerdekaan RI pada massa itu, dirinya meniti karir dengan melanjutkan pendidikan ke SMA yang kemudian berhasil menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) pada tahun 1963 di Sumatera Selatan dan pernah menjabat sebagai Kepala Dinas Statistik Kabupaten Bangka dari tahun 1977 hingga pensiun pada 1989.

“Pada waktu itu saya malanjutkan sekolah di Sumatera Selatan ke jenjang SMA, saya putuskn untuk berhenti menjadi tentara darurat, kemudian saya berhasil menjadi PNS di Sumsel dan kemudian saya mengemban tugas ke Bangka pada 1977 hingga pensiun pada tahun 1989 sebagai Kepala Dinas Statistik,”tutupnya. (Pemkab Bangka)

Sumber: 
Dinkominfotik
Penulis: 
Dede Sukmana
Fotografer: 
Dede Sukmana
Editor: 
Khadafi
Tags: 
Berita Daerah