Mencerdaskan Kehidupan Berpolitik, Bangka Persiapkan Program E-Voting Permilihan Kades

Bangka(28/11)--Bangka persiapkan e-voting pemilihan kades dalam rangka mencerdaskan kehidupan berpolitik masyarakat Kabupaten Bangka dan implementasi dari pelaksanaan e-goverment dalam mendukung Bangka menjadi smart city.

"Sudah saatnya kita memberikan pendidikan politik berwawasan IT kepada masyarakat. Karena saat ini hampir seluruh masyarakat Bangka menggunakan gadget dalam kesehariannya. Tentunya mereka sudah tidak gagap lagi jika nanti Bangka menerapkan e-voting ini," ujar kadinkominfotik Kab. Bangka Ir. Asmawie Alie, MT. 

Pemilihan dengan menggunakan e-voting ini, lanjutnya sangat efiesien dan terbuka, sampai 40 persen penghematan yang dapat kita lakukan dalam penganggaran karena biaya cetak kertas pemilihan sudah digantikan oleh laptop, dan kemudian laptop tersebut dapat dijadikan aset desa. 

Persiapan program e-voting ini sudah sampai pada tahap pemetaan kebutuhan infrastruktur akses jaringan. Dan Dinkominfotik Kab. Bangka telah mengajukan penganggaran untuk pemasangan fiber optik sampai ke kecamatan, yang dilakukan secara bertahap mulai dari Tahun 2018 karena keterbatasan anggaran. Sedangkan untuk desa nanti akan dilakukan koordinasi penggunaan dana desa.

Selain itu lanjutnya, mereka telah melakukan site visit ke Kabupaten Banyuasin dalam rangkaian kegiatan Sinergi Aksi Informasi dan Komunikasi (SAIK) yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika di palembang beberapa waktu lalu(23/11). 

Alasan pemilihan lokasi site visit itu adalah karena Kabupaten Banyuasin telah mendapatkan penghargaan Smart City 2017 dari Kementerian Kominfo  untuk penerapan aplikasi pilkades e-voting serta keberhasilan menyusun konsep kabupaten cerdas 15 tahun kedepan.

"kabupaten Banyuasin ini merupakan kebupaten penggagas  yang menyelenggarakan e-voting Kades di Indonesia. Mereka berhasil menyelenggarakan e-voting untuk pemilihan 160 Kades pada tahun 2015. Dan Tahun 2017 baru selesai dilaksanakan e-voting pemilihan Kades kedua sebanyak 48 desa. Dan banyak hal yang dapat kita ambil dari hasil site visit tersebut", jelas Kadinkominfotik Kab. Bangka.

Dia juga mengungkapkan bahwa Bupati Bangka sendiri sangat konsent terhadap implementasi dari pencerdasan masyarakat berwawasan IT ini, dan ini merupakan implementasi dalam mensukseskan 38 program Bupati Bangka.

 

Sumber: 
Dinkominfotik
Penulis: 
IKP-YM
Fotografer: 
IKP
Editor: 
IKP-YM
Tags: 
Berita