Memasyarakatkan Catur, Percasi Bangka Gelar Catur Bupati Cup 2017

Memasyarakatkan olahraga catur di Kabupaten Bangka dan menyaring atlet catur di Kabupaten Bangka, Pengurus Kabupaten (Pengkab) Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Kabupaten Bangka menyelenggarakan kompetisi Kejuaraan Catur Bupati Bangka tahun 2017. Pembukaan secara resmi lakukan oleh Wakil Bupati Bangka Rustamsyah Selasa (17/10/17) di aula KONI Kabupaten Bangka dan akan berlangsung selama empat hari mulai dari tanggal17 sampai dengan 21 Oktober ditandai dengan pertandingan persahabatan antara Wakil Bupati Bangka dan salah satu atlit catur wanita.
Wakil Bupati Bangka mengatakan ajang ini merupakan salah satu wadah untuk meningkatkan tali silahturahmi antar atlit dan juga pengurus olahraga.
Dikatakan wabup, dirinya berharap adanya banyak kejuaraan catur di Kabupaten Bangka ini, baik itu tingkat kecamatan dan lainnya seperti dalam memperingati Hari Besar Nasional, dan lainnya.
"Kita harapkan kejuaraan catur ini, terus ditingkatkan baik dari segi prestasi dan juga bonus," katanya.
Lebih lanjut wabup menambahkan, atlit yang telah mempunyai prestasi dan bakat, diharapkan terus dilatih secara rutin dan dapat mencintai olahraga lebih dalam.
"Bertandinglah lebih baik, fair dan gunakan teknik dan berinisiatif, kreatif dan berpikir secara baik untuk mampu menjuarai kejuaraaan, saya siap membantu, silahkan cari pelatih catur, dan saya siap membayarnya," katanya.
Ketua KONI Bangka, Deny Hasbi dalam sambutannya memberikan apresiasi karena telah melaksanakan kegiatan ini. KONI Bangka sesuai dengan pertemuan dengan Bupati Bangka terus melaksanakan kejuaraan untuk menjaring bibit dan atlit untuk diikutsertakan dalam kejuaraan Pekan Olahraga Provinsi di Bangka Tengah.
"Kita siap melaksanakan kegiatan dan paling akhir bulan Desember kita ditargetkan untuk menyelesaikan dan bisa melaksanakan kejuaraan lainnya dalam bidang olahraga lainnya," kata Deny.
Sementara itu, Luthfi selaku ketua pelaksana melaporkan kegiatan ini merupakan keinginan dari Bupati Bangka dan bekerjasama dengan KONI Bangka untuk menyaring dan mencari bibit atlit pada olahraga catur dalam rangka mengikuti Pekan Olahraga Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada bulan November 2018 nanti. Selain itu untuk diadakan kejuaraan rutin olahraga catur di Kabupaten Bangka.
Ditambahkan Luthfi, untuk pesertanya berasal dari masyarakat umum dan utusan lingkungan sekolah menengah atas dan perguruan tinggi.
"Ada dari kecamatan Sungailiat delapanbelasĀ  orang orang, Belinyu dan Riau Silip sepuluh orang, utusan SMA Setia Budi dua belas orang dan Polman ada dua orang," lapor Luthfi.
Dikatakan Luthfi lagi, kejuaraan catur Bupati Cup 2017 ini akan menggunakan sistem Swiss tujuh babak dengan peraturan FIDE terbaru.
Kedepan Luthfi berharap, catur ini diharapkan menjadi olahraga catur sebagai salah satu ikon kota dengan semangat Gens Una Sumus.

Sumber: 
Dinkominfotik
Penulis: 
Lutfi Adam
Fotografer: 
Lutfi Adam
Editor: 
Lutfi
Tags: 
Berita Daerah