Masjid At Taubah Sinar Jaya Juara umum PTQ ke 34 Kecamatan Sungailiat

Masjid At Taubah Sinar Jaya keluar sebagai juara umum Pekan Tilawatil Quran (PTQ) ke 34 kecamatan Sungailiat.

Keberhasilan Masjid At Taubah untuk kedua kalinya, setelah tahun lalu, juga meraih juara umum.

Masjid At Taubah sebagai juara umum meraih nilai 34, diperingkat ke 2 masjid Agung Sungailiat nilai 12 dan peringat 3 masjid Al Mukminun Kenanga nilai 10.

Penyerahan tropy tetap dan tropy bergilir untuk juara umum PTQ dilakukan Asisten Administrasi Umum Sekda Bangka Akhmad Mukhsin, Sabtu malam (10/6) di masjid An Nur Sungailiat.

“ Saya mengucapkan terima kasih kepada Ketua Masjid An Nur Sungailiat yang telah sukses melaksanakan PTQ ke 34,” kata Akhmad Mukhsin ketika menutup PTQ.

Menurut mantan Camat Sungailiat ini, pengalaman yang dialaminya setiap akan melaksanakan PTQ beberapa masjid tidak bersedia menjadi tuan rumah, alasannya karena permasalahan dana yang minim namun dibandingkan dulu kondisi saat ini lebih baik.

“ PTQ ini harus berjalan setiap tahunnya pada bulan Ramadhan ini, bagaimana caranya, tidak lain pihak kecamatan harus berusaha mencari dana dari para donator,” ungkap Mukhsin.

Karena tujuan mulia dari pelaksanaan PTQ, dijelaskannya Allah selalu memberikan kemudahan sehingga terselenggaranya PTQ.

Diharapkannya kondisi yang ada dalam pelaksanaan PTQ jangan sampai penjadi beban pada pelaksanaan PTQ tahun mendatang, karena dalam kesulitan tersebut akan ada kemudahan dari Allah SWT karena merupakan syiar agama.

“ Untuk pelaksanaan tahun depan, pihak panitia dapat mengundang masyarakat agar lebih banyak hadir dalam pelaksanaan PTQ, serta dapat meramaikan masjid tempat penyelenggaraan PTQ sehingga benar - benar terasa kegiatan syiar di bulan cuci Ramadhan“ ujarnya.

Pemkab Bangka memberikan apresiasi kepada Kecamatan Sungailiat yang telah melaksanakan PTQ, dijelaskan Mukhsin karena tidak ada kecamatan lain di kabupaten Bangka yang melaksanakan PTQ di bulan suci Ramadhan, kecuali di kecamatan Sungailiat yang tahun ini sudah memasuki 34 tahun pelaksanan PTQ.

Dia juga minta kepada pihak kecamatan Sungailiat, agar hasil dari pelaksanaan PTQ para qori dan qoriah yang berprestasi agar terus dibina sehingga dapat memperkuat khafilah MTQ maupun STQ dari kecamatan Sungailiat nantinya dapat meraih juara umum di tingkat kabupaten Bangka.

Kesempatan itu panitia pelaksana Resmi Wira Madona mengatakan, pemerintah kecamatan Sungailiat mendapat amanah menyelenggarakan PTQ dibulan Ramadhan yang telah berlangsung dari 3 – 10 Juli 2017 di masjid An Nur Sungailiat.

“ Kepanitiaan pelaksanaan PTQ bergabung antara pengurus masjid An Nur Sungailiat dan aparatur kecamatan Sungailiat,” jelasnya.

Diakuinya, tidak semua masjid bersedia menerima menjadi tuan rumah sebagai tempat pelaksanaan PTQ dengan berbagai alasan, sehingga dipilihlah masjid An Nur sebagai tempat pelaksanaan dengan mempertimbangkan tempat parkir yang cukup luas dan strategis berada di tengah – tengah kota sehingga masyarakat dapat dengan mudah mengakses lokasi ini sehingga dapat meramaikan pelaksanaan PTQ.

PTQ ke 34 kecamatan Sungailiat diikuti 105 qori dan qoriah memperlombakan cabang Tartil Quran anak – anak putra dan putri, Tilawah anak – anak, remaja serta dewasa putra dan putri dan Syarhil Quran. (*)

 

 

Sumber: 
Humas Bangka
Penulis: 
Rustian
Fotografer: 
Rustian
Editor: 
Rustian
Tags: 
Masjid At Taubah Sinar Jaya Juara umum PTQ ke 34 Kecamatan Sungailiat