Mahasiswa STISIPOL Pahlawan 12 Pantau Pilkades Di Bangka

Penerapan ilmu dan pengabdian kepada masyarakat merupakan salah satu langkah akademisi untuk menyumbangkan pemikiran dan membantu pemerintah dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan terutama dalam bidang berpolitik. Salah satunya dengan ikut serta memantau pelaksanakan Pemilihan Kepala Desa Serentak (Pilkades) yang ada di Kabupaten Bangka. Salah satu yang ikut memantau pelaksanaan pilkades adalah STISIPOL Pahlawan 12 Sungailiat Bangka. Sebanyak 20 (duapuluh) mahasiswa kampus beralmater kuning tersebut, melaksanakan kegiatan pengawasan pelaksanaan pemilihan kepala Desa serantak di Kabupaten Bangka. Kegiatan ini dilakukan pada 8 (delapan) desa di 4 (empat) kecamatan yaitu kecamatan Bakam, Mendo Barat, Riau Silip, dan Merawang.

“Kegiatan ini bagian dari salah satu pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat. Selain itu, kegiatan ini juga memiliki tujuan pengajaran dimana STISIPOL Pahlawan 12 mengintegrasikan dharma pengajaran dan pengabdian. STISIPOL Pahlawan 12 juga  menerapkan sistem pembelajaran secara terintegratif antara pengetahuan teoritis di kelas dengan pengetahuan praktis sehingga diharapkan mahasiswa dapat lebih mudah memahami teori dan konsep-konsep yang mereka pelajari di ruang kelas,” terang Affan selaku Kepala Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM) STISIPOL Pahlawan 12, Kamis (12/10/17) di Sungailiat.

Bebarapa mahasiswa sangat antusias menyambut kegiatan ini karena akan menambah pengetahuan mereka di lapangan tentang fakta-fakta dan peristiwa politik praktis.

 “Kami telah banyak belajar dari lapangan bagaimana praktik-praktik poltiki praktis dan pelaksanaan demokrasi yang di lapangan. Selain kami dibekali dengan konsep-konsep yang dipelajari di kelas kami juga dibekali dengan pengalaman praktis, tentu saja hal ini akan memperkaya pengetahuan kami tentang perpolitikan di indonesia” ujar Renti mahasiswi semester 5 STISIPOL Pahlawan 12 Sungailiat Bangka ini.

Kedepan Renti berharap kegiatan terjun ke lapangan langsung seperti pemantauan pelaksanaan Pilkades ini diharapkan mampu memberikan pemahaman mahasiswa akan pembelajaran di lapangan dengan teori yang didapat dari kampus.

“Semoga bisa menambah ilmu dan wawasan mahasiswa juga kedepan, dan bisa menjadi pengalaman yang sangat berharga untuk masa depan,” ujar Renti.

Kegiatanyang dilakukan mahasiswa STISIPOl Pahlawan 12 Sungailiat Bangka ini  mendapat respon positif dan disambut baik oleh masyarakat panitia pilkades karena dapat membantu kelancaran Pelaksanaan pilkades.

“Kami sangat menyambut baik inisiatif STISIPOL Pahwalan 12 yang telah membantu terlaksananya kegiatan Pilkades di desa kami ini Kami berharap STISIPOL Pahlawan 12 akan berperan lebih nyata lagai pada kegiatan-kegiatan di desa kami ini” ungkap Maulid salah satu panitia pilkades di Desa Zed.

Sumber: 
Dinkominfotik
Penulis: 
Lutfi Adam | Stisipol Pahlawan 12
Fotografer: 
Ist
Editor: 
Lutfi
Tags: 
Berita Daerah