LIPI Gelar Multi Stakeholrder Participatory Seminar

Merayakan 50 tahun Hari Ulang Tahunnya, Pusat Penelitian Biologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menyelenggarakan kegiatan seminar yang bertajuk Multi Stakeholder Participatory Seminar dengan salah satu pembicara atau narasumbernya Bupati Bangka H. Tarmizi Saat, Selasa (5/9/17) di Gedung Desiminasi IPTEK Pusat Penelitian Biologi LIPI Cibinong Bogor Provinsi Jawa Barat. Kegiatan ini menurut Keynote Speaker Kepala Pusat Penelitian Biologi - LIPI, Dr. Ir. Witjaksono, MSC bertujuan untuk mengekspose peran dan kontribusi Pusat Penelitian (Puslit) Biologi LIPI dalam 50 tahun terakhir. Selain itu juga untuk mendengarkan pandangan para mitra dan pemangku kepentingan tentang keberadaan Puslit Biologi LIPI terhadap kepentingan mereka,
"Kita siap menerima masukan dari para mitra dan pemangku kepentingan untuk kontruksi positif Puslit Biologi LIPI di masa depan nanti," kata Witjaksono.
Selain itu juga, Puslit Biologi LIPI ini juga aktif falam kancah internasional seperti menjadi otoritas keilmuan terkait konvensi perdagangan satwa liar dan tumbuhan, menjadi national focal point pada konvensi keanekaragaman hayati.
"Puslit Biologi menjadi penting dan strategis dalam mengawal kepentingan Indonesia terkait keanekaragaman hayati di tingkat internasional.
Sementara itu, Bupati Bangka H. Tarmizi Saat yang menjadi satu-satunya kepala daerah yang diundang dalam kegiatan seminar tersebut mengungkapkan sangat bangga bisa menjadi bagian dari perayaan 50 tahun HUT Puslit Biologi LIPI. "Peran LIPI sangat besar dalam membantu Pemerintah Daerah Kabupaten Bangka untuk memajukan negeri Sepintu Sedulang, terutama di sektor pertanian dan juga lingkungan," katanya.
Diuraikannya, kerjasama LIPI selama ini juga bisa dibuktikan dengan adanya Pupuk Organik Hayati (POH) yang diberikan LIPI dan membina para Gapoktan yang ada di Kabupaten Bangka sehingga dapat mengelola tanah untuk mendukung produktivitas tanaman.
"Visi kita Bangka Bermartabat, salah satunhya dengan mewujudkan Pertanian Yang Tangguh, LIPI ini salah satu mitra Pemkab Bangka yang memberikan kontribusi positif untuk kemajuan Kabupaten Bangka," ungkapnya.
Kegiatan seminar LIPI ini dihadiri juga pejabat struktural LIPI, pejabat kementerian, pejabat Kota Bogor, perwakilan kedutaan besar, Direktur dari perusahaan seperti NGO, Kepala Taman Nasional Gunung Salak, dan lainnya. Sementara dari Kabupaten Bangka yang mendampingi Bupati Bangka , Kepala Dinas Pertanian, Kemas Arfani Rahman dan Yayasan Flora dan Fauna Bangka dengan jumlah peserta untuk kegiatan seminar ini sekitar 150 orang peserta.

Sumber: 
Dinkominfotik
Penulis: 
Lutfi Adam
Fotografer: 
Litfi Adam
Editor: 
Khadafi
Tags: 
Berita Daerah