Kwarcab Bangka Go LT V Wakili Babel

> Regu Dragon dan Regu Jasmine dari SMPN 2 Sungailiat

Kwarcab Bangka lewat 2 regu terbaik Pramuka pengalangnya menjadi pemenang Lomba Tingkat (LT) IV tingkat Kwarda Babel segera  menuju LT V tingkat Nasional di Buperta Cibubur, Jakarta. 2 Regu terbaik adalah Regu Dragon dan Regu Jasmine yang sebelumnya menjuarai LT IV beberapa waktu lalu di Pangkalpinang.Ketua Kontingen LT V Kwarda Babel, Zulfikar menuturkan, LT V merupakan Lomba Regu Penggalang Tingkat Nasional sebagai Lomba Regu Pramuka golongan Penggalang, yang merupakan ajang bergengsi di dalam Gerakan Pramuka tingkat Penggalang. Yang mana Lomba tersebut akan memperebutkan Peringkat Posisi bagi regu Pramuka Golongan Penggalang secara Nasional, karena masing-masing Kwartir Daerah mempunyai kuota yang sama yaitu  1 regu Putera dan 1regu Puteri. Sebelum mengikuti LT V peserta telah melalui proses seleksi dari LT I di Gugus Depan, LT II di Kwartir Ranting, LT III di Kwartir Cabang dan pada tanggal 26-29 Desember 2016 yang lalu peserta telah mengikuti LT IV di Kwarda Babel. Regu berprestasi Tinggi di LT IV berhak mewakili Kwarda Babel mengikuti LT V tingkat Nasional.

"Dan kita semua berharap, serta mendoakan kepada adik-adik kita yang akan berjuang pada LT V ini dapat memberikan yang terbaik bagi Gugus Depannya, Kwartir Ranting Sungailiat, Kwarcab Bangka serta Kwartir Daerah Babel. Karena bagi adik-adik yang bisa mendapatkan Peringkat regu berprestasi Tinggi pada Lomba Tingkat V, akan mewakili Indonesia didalam Kegiatan Internasional," kata Zulfikar.
LT V tahun 2017 akan dilaksanakan pada 22-28 Oktober 2017. Keberangkatan Kontingen akan dilaksanakan pada 20 Oktober 2017 dan kepulangan 30 Oktober 2017. Selama menghadapi pelaksanaan pemberangkatan Kontingen, Kwartir Cabang Bangka telah menunjuk Team pelatih yang melakukan latihan Pemantapan yang dilakukan di Gugus Depan, dan Kwarcab Bangka.
Untuk Regu Putera diwakili oleh Regu Dragon Dari Gugus Depan  01. 003 Pangkalan SMP Negeri 2 Kwartir Ranting Sungailiat Kwarcab Bangka dan Regu Puteri diwakili oleh Regu Jasmine Dari Gugus Depan  01. 004 Pangkalan SMP Negeri 2 Kwartir Ranting Sungailiat Kwarcab Bangka. Nantinya, kegiatan yang akan dilombakan berjumlah kurang lebih 36 mata lomba.
"Diantaranya aministrasi regu, memanah, panjat dinding, renang, robotic, debat parlemen, pidato bela Negara, pentas seni, karnaval budaya, masakan rimba, survival dan lainnya," ujar Zulfikar.
Pelepasan peserta LT V berlangsung di Gedung Wanita Sungailiat, Rabu (18/10) oleh Wakil Bupati Bangka dihadiri Ketua Kwarcab Bangka H. Padli, Spd, Ketua Harian Kwarda Babel H. Hardjono, Kepala SMPN 2 Sungailiat Drs Amran, pengurus Kwarcab Bangka dan orang tua peserta LT V. 
Perwakilan orang tua, Ust Fadillah Sabri mengharapkan ke Pemda baik provinsi maupun kabupaten memperhatikan kegiatan pramuka, utamanya dari sisi anggaran Pramuka yang harus didukung
"Karena tidak semua kegiatan bisa berjalan tanpa anggaran," kata Fadillah Sabri.
Pelepasan peserta LT V kemarin sekaligus dilakukan penyematan tanda kecakapan umum Pramuka Garuda bagi 16 peserta LT V sebagai tingkatan tertinggi di Pramuka Penggalang. Penyematan dilakukan orang tua peserta yang diwarnai isak tangis haru serta rasa bangga.
Wakil Bupati Bangka Rustamsyah mengatakan, kegiatan LT V‎ memiliki peran yang strategis bagi Gerakan Pramuka untuk memupuk rasa persahabatan, persaudaraan, prestasi, dan perdamaian. Dalam perlombaan tersebut juga, Pramuka Bangka dapat menunjukkan jati diri dan menampilkan serta mengembangkan potensi yang dimiliki secara maksimal sehingga dapat menjadi wadah promosi potensi sosial dan budaya Bangka Belitung.
"Terima kasih kepada para orang tua dan kita sama-sama berdoa bisa mendapatkan hasil yang terbaik. Saya juga berpesan kepada anak-anak yang mengikuti lomba ini bisa mempromosikan wisata di Bangka kepada seluruh peserta se Indonesia yang mengikuti lomba tersebut," ujar Rustamsyah.‎
‎Dalam persiapan LT V, Regu Dragon dan Regu Jasmine mengadakan pemusatan latihan setiap minggu. Persiapan seperti lomba panah dibantu Ikatan Panah PT Timah, Panjat Dinding dibantu Komunitas Panjat Dinding Bangka, pentas tari oleh Sanggar Lawang Budaya. Pada LT V nanti untuk regu Dragon akan menampilkan pentas seni barongsai.
Sumber: 
BabelPos
Penulis: 
Tri
Fotografer: 
Ist
Editor: 
Tri