KMBC, Pererat Silahturahmi Dengan Gowes Sepeda

Memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat merupakan salah satu cara untuk mewujudkan hidup yang sehat dan menjaga kesehatan. Hal inilah yang giat dilakukan salah satu grup sepeda asal Kabupaten Bangka, Karya Makmur Bike Community atau KMBC. Grup gowes sepeda yang terbentuk sejak tahun 2015 yang lalu ini, sangat aktif dan peduli terhadap kesehatan dengan melalui kegiatan sepeda.
Menurut salah satu anggotanya, Didik, kegiatan bersepeda KMBC ini rutin dilaksanakan setiap hari Minggu.
"Pagi subuh kita yang sekarang ini berjumlah 40 orang, sudah siap mengayuh sepeda, kumpul di depan Masjid Bahrul Ulum Komplek BTN Karya Makmur Pemali, menyusuri rute dalam maupun luar Kota Sungailiat dan sekitarnya," jelas Didik, usai mengayuh sepeda, Minggu (12/3/2017) di Pantai Batu Bedaun Sungailiat.
Diuraikan Didik, kegiatan KMBC ini, selain bersepeda untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, juga untuk mempererat tali silahturahmi dan peduli lingkungan dan sosial.
"Kita rutenya kemana-mana, ke arah lintas timur, ke arah Belinyu, pantai dan lainnya juga," kata Didik.
Lebih lanjut Didik menuturkan, sekarang ini KMBC ini anggotanya dari semua kalangan, ada pegawai negeri, polisi, karyawan swasta, pegawai banka, pengusaha, dan lain sebagainya.
"Kita kalau sudah gowes itu tidak mandang-mandang lagi, semuanya sama, dan tujuannya sama, menjaga kesehatan dan pererat silahturahmi dan peduli lingkungan juga.
Kedepan jelas Didik lagi, KMBC yang diketuai oleh H. Bani ini, dapat melakukan gowes sepeda sampai keluar pulau Bangka.
"Kita bukan untuk gaya-gaya dalam bersepeda, namun tujuan utamanya berolahraga, kalau bisa kita menjajal trek di luar Bangka, seperti di Jogja, Bandung dan lainnya, seperti komunitas sepeda lainnya," jelas Didik.
Sementara itu, Ketua ISSI Kabupaten Bangka Asep Setiawan menjelaskan, KMBC ini merupakan salah satu komunitas sepeda yang ada di Kabupaten Bangka, selaian Palawija Cycling Comunity, GBB Sungailiat, dan Mandiri Cycling Community Sungailiat.
"Komunitas sepeda ini sangat aktif dalah dalam berolahraga dan menyusuri rute-rute yang ada sambil melakukan aksi peduli lingkungan juga," jelas Asep.
Dikatakan Asep lagi, kegiatan menggowes sepeda ini juga mendapat dukungan dari Bupati Bangka H. Tarmizi Saat.
"Pak bupati sangat support, beliau juga dulu aktif bersepeda, keliling kota Sungailiat dan sekitar juga sambil melihat langsung kondisi masyarakatnya dan lingkungan," ujar Kepala Tenaga Kerja, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bangka ini.

Asep berharap, menggowes sepeda ini diharapkan lebih memasyarakat lagi dan menjadi salah satu olahraga favorit bagi kita semua.

Sumber: 
Dinkominfotik
Penulis: 
Lutfi Adam
Fotografer: 
ist
Editor: 
Lutfi
Tags: 
Berita Daerah