KMBC Jadikan Gowes Sebagai Gaya Hidup

Kegiatan menggowes sepeda dan menyusuri rute-rute dalam kota maupun luar kota menjadi salah satu hal yang menarik dan menantang serta terkadang menguji adrenalin. Hal ini sering dilakukan salah satu komunitas sepeda di Kabupaten Bangka, Karya Makmur Bike Community. Komunitas sepeda yang selalu kumpul di depan Masjid Darul Ulum Komplek BTN Karya Makmur Kecamatan Pemali ini setiap hari Minggu pagi sekitar pukul 05.30 WIB sudah start untuk meggowes sepeda., berkeliling menyusuri rute yang ada di dalam dan luar kota.
"Kita ingin menggowes sepeda ini menjadi gaya hidup atau life style bagi kita semua dalam menjaga kesehatan tubuh kita, sekaligus memasyarakatkan olahraga bersepeda ini," ungkap Didik salah satu anggota KMBC ini.
Menjadi salah satu gaya hidup dengan bersepeda ini urai Didik yang sebagai pegawai salah satu bank ini sudah sangat diterapkan terutama di daerah perkotaan, seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, dan kota lainnya.
"Mereka itu kalau hari Minggu sudah ada daerah Car Free Daynya, dan diterapkan bagi yang jalan kaki, gowes sehingga bisa memasyarakatkan olahraga dan mengurangi polusi. Biasanya dari pukul 6 sampai 9 pagi," katanya .
Selain itu juga, yang gowes sepeda ini juga selain di daerah car free day, juga menyusuri daerah-daerah yang menantang dan udaranya masih bersih.
"Daerah wisata, atau masuk-masuk hutan, selain dalam kota menjadi tujuan utama bagi yang komunitas sepeda," katanya.
Didik juga mengatakan dengan bersepeda ini, setidaknya mereka bisa menjaga alam dan lingkungan serta mengetahui kondisi masyarakat.
"Kita ikut gaya pak bupati, blusukan naik sepeda, melihat kondisi alam, lingkungan serta masyarakat, sehingga kita tahu langsung, biasanya kita juga ada aksi sosialnya," kata Didik lagi.
Kedepan lanjut Didik, KMBC yang diketuai H. Bani ini dan berjumlah 40 anggota ini, bisa lebih diketahui masyarakat dan ikut bergabung sekalgus memasyarakatkan olahraga bersepeda.

"Jadikan gowes ini sebagai salah satu gaya hidup kita, murah meriah, olahraga sambil berwisata juga dengan menghidup udara segar," tukas Didik

Sumber: 
Dinkominfotik
Penulis: 
Lutfi Adam
Fotografer: 
ist
Editor: 
Lutfi
Tags: 
Berita Daerah