KKN UGM, SIAP LANJUTKAN PROGRAM STRATEGIS BUPATI

Sungailiat - Bupati Bangka, Ir, H Tarmizi H Saat, MM. menerima Mahasiswa KKN- PPM Universitas Gadjah Mada yang digelar di Rumah Dinas Bupati Bangka, Senin malam (25/6/18). Penyerahan  mahasiswa UGM dilakukan Perwakilan Direktorat Pengabdian kepada Masyarakat KKN - PPM UGM Tahun Anggaran 2018 Ir Adriana, MP

Pelaksanaan Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) melibatkan 90 mahasiswa dari berbagai Program studi.

Pelaksanaan KKN tahun ini diharapkan dapat membantu menunjang pembangunan serta melanjutkan pelaksanaan program-program strategis Bupati Bangka. Selain itu untuk melaksanakan kegiatan yang mampu mendorong kemandirian dan kesejahteraan masyarakat secara berkelanjutan. KKN-PPM UGM ini merupakan salah wadah untuk merekatkan diri mahasiswa dengan masyarakat, sebagai bentuk pengabdian dan pemberdayaan masyarakat sesuai dengan konteks Tri Dharma Perguruan Tinggi.  Universitas Gadjah Mada, UI, IPB, UNS, UNSRI, STTP adalah beberapa dari perguruan tinggi yang telah menyepakati kerjasama dalam bidang penelitian, pelatihan serta pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk MoU. Dalam beberapa tahun terakhir juga Pemda Bangka telah menjalin kerjasama dengan Perguruan tinggi lokal seperti UBB, STKIP Muhammadiyah, PERTIBA, STIKES dan perguruan tinggi lainnya.

KKN-PPM UGM adalah salah satu bentuk sinergi Pemda Bangka dengan berbagai elemen pembangunan, mulai dari masyarakat/organisasi masyarakat/tokoh masyarakat, Pemerintah, Swasta dan Perguruan Tinggi dengan konsep quadraple helix yakni pemerintah, pengusaha, komunitas dan perguruan tinggi dengan bentuk kerjasama baik dibidang penelitian, pelatihan serta pengabdian kepada masyarakat.  

Dalam sambutannya, Bupati Bangka Tarmizi Saat mengatakan, pelaksanaan KKN - PPM UGM kali ini menjadi beberbeda di karenakan pemerintah kabupaten Bangka menginginkan agar program kerja KKN PPM UGM dapat diselaraskan dengan visi, misi dan perogram daerah.

Kesempatan itu Bupati juga memaparkan tentang rencana pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus ( KEK ) Pariwisata di pantai Timur Sungailiat.

Guna kelancaran pelaksanaan KKN - PPM UGM tahun 2018 ini, diharapkan Bupati seluruh kepala OPD dan Camat di kabupaten Bangka dapat berpartisipasi aktif dalam membantu dan memberikan rasa nyaman dan aman kepada seluruh mahasiswa peserta KKN - PPM UMG.

Khususnya Camat Mendo Barat, Camat Merawang dan camat Sungailiat agar memonitor dan memfasilitasi pelaksanaan KKN .

“ Saya berharap  pelaksanaan KKN - PPM UGM tahun 2018 ini dapat memberikan manfaat yang baik dan berkelanjutan bagi masyarakat desa dan kelurahan,” ujar Tarmizi.

Diharapkannya, pelaksanaan KKN ini dapat berjalan maksimal, berguna serta berkesan bagi masyarakat maupun mahasiswa itu sendiri baik melalui koordinasi dan konsultasi dengan masyarakat sekitar maupun aparat pemerintahan desa dan kelurahan setempat agar bisa selalu terarah dalam menjalankan program-program apa saja yang perlu di sosialisasikan  langsung ke masyarakat.

Perwakilan Direktorat Pengabdian kepada Masyarakat KKN - PPM UGM Tahun Anggaran 2018 Ir Adriana, MP menjelaskan, sejak tahun 1951 UGM telah mengirimkan mahasiswa ke luar Jawa untuk melakukan KKN. Kemudian terjadi perubahan dari KKN ke KKN PPM UGM merupakan perubahan dari pembangunan ke pemberdayaan.

“ Kegiatan KKN PPM di kemas untuk menangani permasalahan serius yang terjadi di masyarakat yang bersifat tematik melalui pendekatan multi disiplin yang terdiri dari 4 cluster yang bekerjasama dengan masyarakat,” kata Adriana.

Penyelenggaraan KKN ini dimulai 23 Juni hingga 10 Agustus 2018 dengan lokasi dan tema yang disesuaikan dengan potensi-potensi pada masing-masing lokasi KKN yakni Pemberdayaan Masyarakat dalam menyongsong Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) akan di tempatkan dengan lokasi Kelurah Jelitik. Di Desa Kemuja melalui tema Pemberdayaan Masyarakat Melalui Budidaya Tanaman Perkebunan, Hortikultura dan Industri Rumah Tangga sedangkan Peningkatan Kesejahteraan masyarakat melalui optimalisasi hasil persawahan dan budidaya jamur konsumsi ditempatkan di Desa Kimak Kecamatan Merawang.

Hadir dalam acara tersebut para Asisten, Staf Ahli,  Kepala OPD, Kepala Bagian, Camat, Lurah dan Kepala Desa lainnya serta beberapa sponsor penyelenggaraan KKN diantaranya, KAGAMA, Management Tanjung Pesona, PT. Gunung Pelawan Lestari, PT. Karini Utama, PT. Dreamland Property. (Pemkab Bangka)

Sumber: 
Humas dan Protokol
Penulis: 
Rustian Al Ansori
Fotografer: 
Humas dan Protokol
Editor: 
Rustian Al Ansori
Tags: 
Berita Daerah