Kartu Kuning, Memudahkan Dalam Mencari Pekerjaan

Dengan bertambahnya jumlah penduduk apalagi yang masuk dalam angkatan produktif, banyak masyarakat yang datang ke Dinas Tenaga Kerja, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bangka untuk membuat Kartu Kuning atau AK/1.
"Setiap hari ada yang membuat Kartu AK/1 ini, untuk mencari pekerjaan formal, yang paling banyak itu terkadang waktu lulus sekolah SMA atau kuliah juga," ungkap Kepala Dinas Tenaga Kerja, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bangka, Thony Marza, Rabu (13/12/17) di Sungailiat.
Dituturkan kepala Badan Ketahanan Pangan Kabupaten Bangka tersebut, peran atau fungsi kartu kuning atau AK/1 ini salah satu syarat untuk melamar pekerjaan secara independen atau menunggu penyaluran dari Dinas Ketenagakerjaan.
"Fungsi utamanya supaya Dinas Tenaga Kerja, Perindustrian dan Perdagangan bisa mendata jumlah pencari kerja di daerah kita. Bukan hanya untuk melamar kerja di pemerintah atau pada saat ingin tes calaon Pegawai Negeri. Padahal kartu kuning juga dapat digunakan untuk melamar kerja di perusahaan swasta," jelasnya.
Selain itu juga, fungsi kartu kuning ini lanjut Thony untuk melapor ke dinas tenaga kerja, apabila pencari kerja belum dan sudah mendapatkan pekerjaan.
"Buatnya mudah, yang penting memenuhi persyaratan seperti fotokopi KTP, KK, foto dan ijazah, nanti petugas akan membuatnya," kata Thony lagi.
Kedepan juga Thony Marza menambahkan, untuk meningkatkan mutu pelayanan dalam pembuatan kartu kuning ini, ada wacana akan menggunakan sistem On line.

"Dari kementerian sudah ada wacana, nanti ada ada sistem on linenya, sehingga lebih memudahkan dalam pembuatannya dan juga untuk meningkatkan mutu pelayanan kepada masyarakat," terang mantan Camat Sungailiat ini.

Sumber: 
Dinkominfotik
Penulis: 
Lutfi Adam
Fotografer: 
Lutfi Adam
Editor: 
Lutfi
Tags: 
Berita Daerah