Karnaval Budaya Bakal Meriahkan HUT Kota Sungailiat ke-251

Berbagai kegiatan untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Sungailiat ke-251 tahun diselenggarakan Pemerintah Daerah Kabupaten Bangka bersama masyarakat seperti Bangka Expo, Sungailiat Triathlon, lomba tradisional, lomba kebersihan dan lainnya. Selain itu juga dari sisi budaya dan kearifan lokal, Pemkab Bangka melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, menyelenggarakan Karnaval Budaya yang akanĀ  dilaksanakan pada tanggal 29 April mendatang dengan mengambil rute dari Simpang Kejaksaan Negeri menuju Terminal Sungailiat.
"Karnaval budaya ini selain memeriahkan hut kota Sungailiat, bertujuan untuk melestarikan budaya-budaya, dan adat istiadat serta kearifan lokal yang dimiliki masyarakat Bangka sehingga tetap lestari dan dikenal luas," ungkap Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan melalui kabid Kebudayaan, Windiati, Jumat (14/4/17) di Sungailiat.
Diuraikan Windiati, kegiatan karnaval budaya ini merupakan kegiatan yang telah rutin dilaksanakan setiap Kota Sungailiat berulangtahun.
"Banyak yang menampilkan baju khas Bangka, tarian, perilaku dan karakter budaya, serta lainnya, ada yang asli, ada juga yang memodifikasi serta mengakulturasi sehingga menambah khazanah," jelasnya lagi.
Selain itu juga, dengan adanya karnaval budaya ini, lanjut Windiati, merupakan salah satu cara untuk dapat mengangkat kecintaan kita terutama generasi muda untuk melestarikan dan mencintai budaya sendiri serta dikenal luas masyarakat.
"Memelihara nilai-nilai luhur budaya bangsa kita, sehingga kita dan orang lain menghargai dan menggagumi serta mempelajarinya. Selain itu juga merupakan salah satu cara promosi kebudayaan Bangka," katanya lagi.
Windiati berharap karnaval budaya ini diikuti banyak peserta dengan menampilkan beragam kebudayaan masyarakat Bangka.

"Ayo daftar ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, ekspresikan diri dalam karya, gerak tari, musik dan lagu sehingga kita semakin mencintai dan rasa memiliki yang kuat untuk kebudayaan kita sendiri," tukas Windiati.

Sumber: 
Dinkominfotik
Penulis: 
Lutfi Adam
Fotografer: 
Lutfi Adam
Editor: 
Lutfi
Tags: 
Berita Daerah