Kantor Pertanahan Bangka Sosialisasi PTSL

Kantor Pertanahan Kabupaten Bangka mengadakan kegiatan sosialisasi mengenai Percepatan Pelaksanaan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) untuk masyarakat Kelurahan Bukit Betung Kecamatan Sungailiat, Kamis (16/3/17) di Gedung Sepintu Sedulang Sungailliat. Kegiatan ini bertujuan untuk mengajak partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan pendaftaran TSPL dengan memperhatikan hak dan kewajibannya terutama dalam hal tanah dan dihadiri oleh Camat Sungailiat, Kusyono Aditama, dan masyarakat Kelurahan Bukit Betung.  Camat Sungailiat dalam sambutan mengharapkan adanya kegiatan ini, masyarakat mulai mengurus tanahnya sehingga mempunyai dokumen yang lengkap dan resmi.
"Masih banyak masyarakat yang belum memiliki surat tanah, mulai dari surat dari kelurahan, kecamatan dan seterusnya, sehingga terkadang melahirkan masalah yang berujung konflik hukum," ungkap Kusyono.
Selain itu juga, di masyarakat juga masih banyak terjadi tumpang tindih dalam surat tanah dan masih banyak masyarakat yang belum mengetahui, dan banyak jual beli tidak tahu aturannya, terutama tanah waris yang akhirnya berdampak ke ranah hukum.
Lemahnya dokumentasi, dan berdampak pada kerugian dan banyak dirugikan.
"Kedepan partisipasi masyarakat untuk lebih pro aktif sehingga tanah yang dikuasai mempunyai kekuatan hukum tetap dengan dibuktikan dokumen sertipikat yang resmi," kata Kusyono.
Sementara itu, Koordinator sosialisasi PTSL sekaligus Kasi Pemberdayaan, Warsita Raharja yang mewakil Pelaksana Tugas Kepala Kantor Pertanahan Bangka menjelaskan, sosialisasi ini khususnya masyarakat Kelurahan Bukit Betung, lebih pro aktif dalam melakukan percepatan pelaksanaan pendaftaran tanah sistematis lengkap ini.
"Silakan urus, sesuai dengan tahapan kegiatannya, nanti akan kita bantu untuk penyelesaiannya sehingga sampai penerbitan dan penyerahan sertipikat," katanya.
Diuraikan Wasita lagi, berbagai tahapan harus dilalui untuk kegiatan PTSL ini, mulai dari langkah persiapan, penyuluhan, pengumpulan data fisik dan yuridis, pengolahan data yuridis dan pembuktian hak, penertiban SK penetapan Hak dan SK penegasan/ pengakuan hak, pengesahan, pengumuman 14 hari kerja, pemeriksaan tanah, pembukuan hak, penertiban dan penyerahan sertipikat, pengelolaan warkah/dokumen dan pelaporan.

"Akan kita bantu semuanya, pihak kantor pertanahan siap melakukannya, sehingga terbit dokumen sertipikat yang diperlukan masyarakat untuk bukti kepemilikannya," terangnya.

Sumber: 
Dinkominfotik
Penulis: 
Lutfi Adam
Fotografer: 
Lutfi Adam
Editor: 
Lutfi
Tags: 
Berita Daerah