Kabupaten Bangka Miliki 8 Pokdarwis

Sungailiat - Berdasarkan Rekapitulasi Data Desa Wisata Kabupaten Bangka Tahun 2017 bahwa Kabupaten Bangka telah memiliki Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis)  yang terkoodinir di 8 Kelurahan/Desa di Kabupaten Bangka.

Pokdarwis tersebut berada Kelurahan Matras, Desa Air Anyir, Desa Deniang, Desa Dalil, Desa Pemali, Desa Penyusuk, Desa Rebo, dan Desa Lumut.

Demikian diungkapkan oleh Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Bangka, Drs. Asep Setiawan saat ditemui di ruangannya, Rabu (18/04/18).

“Kabupaten Bangka sejauh ini telah memiliki Pokdarwis yang terkoodinir di 8 Kelurahan/Desa di Kabupaten Bangka antara lain Pokdarwis yang berada Kelurahan Matras, Desa Air Anyir, Desa Deniang, Desa Dalil, Desa Pemali, Desa Penyusuk, Desa Rebo, dan Desa Lumut,” ungkap Asep Setiawan.

Keberadaan Pokdarwis ini memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk mengembangkan serta membangun tempat wisata mereka untuk lebih dikenal melalui lahirnya ide-ide kreatif dan inovatif dalam hal mewujudkan sarana yang ada di tempat wisata setempat.

“Masyarakat berkesempatan untuk turut andil dalam membangun daerah tempat wisata mereka serta hal ini pasti akan berdampak pada munculnya ide-ide baru dalam segala aspek guna mendukung berkembangnya sarana yang mereka inginkan di tempat wisata mereka,” Jelas Asep Setiawan.

Untuk itu Asep Setiawan berharap ke depan Pokdarwis yang ada di Kabupaten Bangka terus bertambah dan bagi yang sudah terbentuk harus lebih meningkatkan nilai-nilai produktivitas mereka demi mengundang minat para calon Wisatawan lebih tertarik lagi.

“Kedepan diharapkan kesadaran masyarakat Bangka harus ada terkait mengembangkan potensi wisata di Desa mereka dan manfaat Pokdarwis ini agar kedepan Pokdarwis di Kabupaten Bangka tidak hanya delapan Desa/Kelurahan seperti yang ada sekarang tetapi diharapkan muncul puluhan bahkan ratusan Pokdarwis yang baru dan bagi Pokdarwis yang telah berdiri diharapkan agar mengembangkan nilai-nilai produktivitas mereka secara berkelanjutan sehingga menambah nilai jual tempat wisata Desa/Kelurahan mereka kepada minat Calon Wisatawan,”harap Asep Setiawan. (Pemkab Bangka)

Sumber: 
Dinkominfotik
Penulis: 
Dede Sukmana
Fotografer: 
Dede Sukmana
Editor: 
Khadafi
Tags: 
Berita Daerah