Jelang Idul Fitri, Stok Daging Sapi di Kabupaten Bangka Mencukupi

 

Sungailiat – Dinas Pertanianan Kabupaten Bangka pastikan stok daging sapi mampu cukupi kebutuhan pasar di wilayah Kabupaten Bangka jelang Idul Fitri 1439 H/2018 Masehi.

Hal ini berdasarkan laporan survey stok ternak terkait ketersediaan daging sapi jelang Idul Fitri tahun ini diperkirakan mencapai 100,531 ton sedangkan analisis perkiraan kebutuhan pangan daging sapi Ramadhan hingga Lebaran Idul Fitri 1439H/2018 adalah hanya 88,5 ton.

Hal tersebut seperti dikatakan oleh Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bangka melalui Kepala Seksi (Kasi) Pemasaran dan Pasca Panen Peternakan, Budi S.Pt, M.Si saat ditemui diruangannya, Sabtu (19/05/2018).

“Jadi seperti ini, berdasarkan pragnosa kebutuhan pangan asal daging sapi yang kita dari terima dari Dinas Pangan bahwa kebutuhan daging sapi jelang Ramadhan hingga Idul Fitri ini adalah 88,5 ton sedangkan perkiraan ketersediaan daging sapi hingga lebaran Idul Fitri nanti mencapai 100,531 ton, jadi ini sudah lebih dari cukup ya sebetulnya,”ungkap Budi.

Lebih lanjut Budi mengatakan bahwa angka ketersediaan daging sapi jelang Idul Fitri nanti yang berada di angka 100,531 ton adalah berdasarkan dari 448 jumlah sapi dikali angka Karkas ternak sapi lokal di Babel yakni 224,40 Kg per ekor.

“Jadi perhitungannya seperti ini, Karkas ternak sapi lokal di Babel yang telah disepakati itu 224,40 Kg per sapi, jadi dari total 448 sapi tersebut berarti daging yang didapat 100,531 ton, jika disandingkan dengan pragnosa kebutuhan pangan asal daging yang hanya mencapai 88.5 ton berarti itu kan berada diatasnya, artinya aman,”jelas Budi.

Sedangkan perkiraan kebutuhan daging sapi di kabupaten Bangka didapat dari kebutuhan perkapita daging sapi Kabupaten Bangka 3,41 Kg per tahun, hal itu berdasarkan Neraca Bahan Makanan (NBM) data tahun 2017 yang diterima dari Dinas Pangan Kab Bangka.

Budi menuturkan bahwa total 448 ekor sapi dari Ramadhan hingga Idul Fitri nanti berasal dari beberapa Peternak Sapi, Penangkar Sapi serta Pemotong Sapi yang terkolaborasi dalam 8 Kecamatan di Kabupaten Bangka.

“Iya jadi dari total 448 ekor sapi yang terakumulasi hingga Idul Fitri nanti itu tidak terlepas dari peran beberapa Peternak Sapi, Penangkar Sapi serta Pemotong Sapi yang terkolaborasi dalam tiap Kecamatan di Kabupaten Bangka," tutup Budi. (Pemkab Bangka)

Sumber: 
Dinkominfotik
Penulis: 
Dede Sukmana
Fotografer: 
Dede Sukmana
Editor: 
Khadafi
Tags: 
Berita Daerah