Jago Engrang dan Bakiak, Uji Keterampilanmu Di Sini

Menyambut dan memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Sungailiat ke-251 tahun, Pemerintah Kabupaten Bangka melalui Dinas Pariwisata, Kepemudaan, dan Olahraga menyelenggarakan berbagai lomba olahraga tradisional, mulai dari engrang, bakiak, tarik tambang, lari karung dan hadang atau sembilun.
Menurut ketua pelaksana HUT Kota Sungailiat ke-251 sekaligus Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Bangka, Arman Agus menyebutkan, kegiatan lomba olahraga tradisional selain untuk olahraga, juga untuk menjaga dan melestarikan olahraga tradisional sehingga tetap dikenal dan dapat diketahui oleh generasi muda.
"Sekarang sangat jarang sekali anak-anak yang memainkan permainan engrang, sembilun, bakiak, semakin tergerus saja, mereka banyak menghadapi game internet, dan permainan modern," jelasnya, Minggu (16/4/17) di Sungailiat.
Arman juga mengatakan, kegiatan lomba olahraga tradisional ini dapat diikuti oleh seluruh SKPD, baik struktural maupun vertikal serta umum.
"Kita ingin khazanah budaya kita dapat terjaga dan lestari, kita bangkitkan lagi permainan ini supaya dapat sering dimainkan oleh generasi muda kita juga," harapnya.

Terkait pendaftaran, lanjut Arman silahkan menghubungi panitia pelaksana yang dipusatkan di Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Bangka dan akan dilakukan perlombaan pada tanggal 25 sampai dengan 26 April di Halaman Kantor Bupati Bangka.

Sumber: 
Dinkominfotik
Penulis: 
Lutfi Adam
Fotografer: 
Lutfi Adam
Editor: 
Lutfi
Tags: 
Berita Daerah