Jaga Kearifan Lokal, UPTD Pendidikan Sungailiat Gelar Lomba Telur Khatam Dan Nasi Tumpeng

Selain kegiatan Gemar dan Cinta Membaca Al quran Unit Pelaksana Teknis Pendidikan (UPTD) Kecamatan Sungailiat juga menyelenggarakan lomba telur khatam dan nasi tumpeng antas gugus dalam memeriahkan kegiatan gemar dan cinta membaca Al quran tingkat Kecamatan Sungailiat, Selasa (21/11/17) di SDN 16 Kenanga Sungailiat Kabupaten Bangka. Berbagai hiasan dan juga bentu nasi tumpeng dan telur khatam atau hidang ditampilkan untuk menunjukkan seni dan kreatifitas para guru dalam menghias telur dan nasi. 
Menurut Kepala UPTD Pendidikan Kecmatan Sungailiat, H. Ahamad Zarkoni di sela-sela kegiatan Gemar dan Cinta Membaca Al quran tingkat Kecamatan Sungailiat mengungkapkan, kegiatan lomba ini bertujuan untuk memberikan apresiasi sekaligus memelihara kearifan lokal khas Bangka sehingga tetap lestari dan dapat dikenal antar generasi. 
"Ini menandakan telah selesainya mereka yang khatam ditandai dengan telur hidang atau khatam, bisa juga dikreasikan dengan nasi tumpeng sebagai ucapan syukur kita kepada Allah Swt yang mana telah memberikan kemudahan dalam menggapai ilmu dan juga lainnya," ungkap Zarkoni. 
Lebih jauh Zarkoni mengatakan, perlombaan telur khatam dan nasi tumpeng ini juga untuk melihat sejauh mana seni para guru dalam menggemas telur khatam dan nasi tumpeng ini. 
"Kita hari bersuka cita, ya kita harapkan kemeriahan ini dapat dimanfaatkan untuk kebaikan kita bersama," katanya. 
Sementara itu Bupati Bangka H. Tarmizi Saat mengatakan kegiatan dalam membina mental spritual dan juga melestarikan khazanah budaya khas Bangka terus dilakukan Pemerintah Kabupaten Bangka. 
"Kita berusaha dan mengganggarkan kegiatan ini terus ada dan menjadi agenda rutin dalam menjaga kelestarian budaya dan mendidik generasi muda sehingga cinta Al quran dan mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari," terang bupati. 
Selain itu juga kegiatan Gemar dan Cinta Membaca Al quran, Cerdas Cermat Agama dan lomba kearifan lokal seperti telur hidang dan nasi tumpeng ini terus dilakukan dan menjadi wadah dalam membina anak bangsa yang berakhlaklulkarimah.
Untuk juara nasi tumpeng dalam rangka memeriahkan kegiatan. Gemar dan Cinta Membaca Al quran, juara pertama diraih gugus empat Mawar, juara kedua gugus satu Melati, juara ketiga diraih gugus tiga Nusa Indah, juara harapan pertama diraih gugus dua Kenanga, dan juara harapan kedua diraih gugus lima Asoka. Sementara untuk juara pertama telur khatam diraih gugus tiga Nusa Indah, terbaik kedua diraih gugus satu Melati, terbaik ketiga, gugus dua Kenanga, juara harapan satu diraih gugus lima Asoka, dan juara harapan kedua diraih gugus empat Mawar.
Sumber: 
Dinkominfotik
Penulis: 
Lutfi Adam
Fotografer: 
Lutfi Adam
Editor: 
Lutfi
Tags: 
Berita Daerah