Hidroponik, Dari Hobi Menjadi Ladang Bisnis

Sekarang ini telah muncul teknologi di bidang pertanian yang merupakan hasil inovasi dan gagasan manusia. Teknologi yang dinamakan hidropinik tersebut diaplikasikan dalam sistem budidaya tanaman terutama sayur dan buah yang usia tanamnya pendek. Hal inilah yang membuat Doni Sunyono (42) warga RT 08 Kelurahan Bukit Betung Kecamatan Sungailiat Kabupaten Bangka sekaligus Ketua Komunitas Hidroponik Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggeluti bercocok tanam hidroponik.
"Kita awalnya coba-coba karena hobi bertanam, dan memanfaatkan waktu luang saja, setelah itu, kita menekuninya secara serius, dari tahun 2013 kemarin, dan tahun 2016 kemarin kita telah membentuk komunitas hidroponik ini" ungkap Doni, Sabtu (1/4/17) di perkarangan rumahnya yang menjadi lokasi hidroponiknya.
Diakui Doni, awalnya dirinya bersama  hanya menanam untuk konsumsi keluarga saja, namun karena banyak yang tahu, mulai dari teman, tetangga, akhirnya  dipasarkan melalui door to door, dan juga menggunakan media sosial,
"Alhamdullilah, dari panen ini kita bisa mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari, buat jajan anak sekolah dan keperluan lainnya," katanya.
Lebih lanjut Doni menguraikan hidroponik yang ia punyai sekarang ini ada tanaman sawi, seledri, salada, tomat, kaylan dan lain sebagainya.
"Kemarin kita panen selada, sekarang yang banyak ini daun seledri," katanya.
Dikatakan Doni lebih lanjut, sekarang ini, di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ini, sudah lumayan banyak masyarakat bercocok tanam hidroponik ini.

"Kita sering kumpul di workshop daerah grasi itu, di rumah bapak Dodi Tardiana, kita bisa bertukar pikiran, pengetahuan dan lainnya tentang hidroponik ini," katanya. 

Sumber: 
Dinkominfotik
Penulis: 
Lutfi Adam
Fotografer: 
Lutfi Adam
Editor: 
Lutfi
Tags: 
Berita Daerah