Forum PUSPA Kabupaten Bangka Dikukuhkan

SUNGAILIAT- Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kabupaten Bangka  menggelar pengukuhan Forum Partisipasi Publik Untuk Kesejahteraan Perempuan dan Anak (PUSPA) Kabupaten Bangka, Kamis (2/8/2018) di Operational Room (OR) Bina Praja Setda Bangka, Jalan A. Yani, Jalur Dua, Sungailiat.

Plt. Kepala DP2KBP3A Kabupaten Bangka, Boy Yandra, dalam sambutannya mengatakan bahwa program Forum PUSPA ini adalah untuk mengakhiri kekerasan pada perempuan dan anak, menghentikan perdagangan manusia, serta mengakhiri kesenjangan ekonomi antara perempuan dan laki-laki yang biasa disebut Program unggulan 3Ends.

‘’Kita menggalang Lembaga Organisasi Masyarakat, Media, dan inspirator yang telah dipilih untuk menyebarluaskan dan menyukseskan Program 3Ends,’’ungkap Boy Yandra.

Dijelaskan Boy Yandra lagi, kegiatan ini tidak ada anggaran, namun pihaknya tetap berusaha melaksanakannya untuk menyukseskan program tersebut dengan membentuk 3 kelompok kerja (Pokja) yakni Pokja 1, Akhiri Kekerasan terhadap perempuan dan anak, Pokja 2, Akhiri Perdagangan terhadap perempuan dan anak, dan Pokja 3, Akhiri kesenjangan ekonomi.

‘’Hari ini kita juga akan melakukan pengukuhan Forum Puspa Kabupaten Bangka. Kegiatan Forum PUSPA ini dilaksanakan selama satu tahun dengan locus utama di Kabupaten Bangka yang dilatarbelakangi oleh 32 kasus yakni 9 kasus kekerasan terhadap anak dan 23 kasus kekerasan terhadap perempuan yang terjadi selama tahun 2017,’’kata Boy Yandra.

Sementara itu, Narasumber dari Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak, Kependudukan Pencatatan Sipil dan Keluarga Berencana (DP3ACSKB) Provinsi Babel, Wardiah, memberikan apresiasi khusus kepada DP2KBP3A Kabupaten Bangka yang telah melaksanakan Program Forum PUSPA walaupun tidak mempunyai anggaran.

‘’Forum PUSPA ini termasuk dalam 7 kategori Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) dan di Provinsi Babel ini yang sudah membentuk Forum PUSPA adalah Bangka Barat,’’jelas Wardiah.

Dalam kegiatan yang dilangsungkan sekitar pukul 09.30 WIB tersebut diadakan juga sesi diskusi tanya jawab dan dilakukan pengukuhan Forum PUSPA Kabupaten Bangka. (Pemkab Bangka)

Sumber: 
Humas dan Protokol
Penulis: 
Eddo Richardo
Fotografer: 
Hendra Saputra (Humas dan Protokol)
Editor: 
Rustian Al Ansori
Tags: 
Berita Daerah