Enam Puskesmas Rawat Inap Di Bangka Siap Layani Masyarakat

Pelayanan kepada masyarakat Bangka terus digiatkan Pemerintah Kabupaten Bangka termasuk juga pelayanan bidang kesehatan. Tahun 2017 yang lalu, Kabupaten Bangka merupakan salah satu kabupaten yang terbaik pelayanannya dan masuk sebagai kabupaten sehat.
Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka, dr. Then Suyanti, tahun 2018 merupakan tahun bagi dinas yang dipimpinnya untuk berbuat semakin baik dalam melayani kesehatan masyarakat, salah satunya dengan mempersiapkan infrastruktur bidang kesehatan sehingga bisa dengan mudah dinikmati oleh masyarakat yang ada di Kabupaten Bangka.
"Kita siap melayani masyarakat, karena kita merupakan pelayan masyarakat dan bisa memberikan pelayanan di bidang kesehatan dan menyiapkan infrastruktur yang baik pula seperti halnya kualitas puskesmas kita," ungkap dr. Then, Jumat (5/1/18) di Sungailiat.
Diuraikan mantan Direktur RSUD Sungailiat tersebut, sampai kahir tahun 2017 yang lalu, ada enam puskesmas di Kabupaten Bangka yang menjadi puskesmas rawat inap dan telah terakreditasi. Keenam puskesmas rawat inap tersebut yakni, Puskesmas Petaling dan Puskesmas Penagan yang berada di Kecamatan Mendobarat, Puskesmas Puding Besar di Kecamatan Puding, Puskesmas Bakam di Kecamatan Bakam, Puskesmas Riau Silip di Kecamatan Riau Silip dan Puskesmas Belinyu yang berada di Kecamatan Belinyu.
"Sudah enam puskesmas yang rawat inap dan sudah terakreditasi semuanya," jelas dr. Then Suyanti.
Diuraikan dr. Then kembali, diwujudkannya puskesmas rawat inap tersebut di beberapa kecamatan di Kabupaten Bangka dikarenakan untuk mempercepat akses pelayanan kesehatan kepada masyarakat dan kondisi yang ada jarak juga dengan rumah sakit.
"Ini untuk mempermudah pelayanan, tidak ada persaingan, karena seperti RSUD Eko Maulana Ali sudah menerima rujukan dan melayani masyarakat, jadi malah lebih mempermudah puskesmas, jadi dari rwat jalan ke rawat inap dan bisa dirujuk ke rumah sakit " katanya.
Terkait dengan sumber daya manusianya, terutama tenaga dokternya di puskesmas rawat inap, dr. Then Suyanti menyebutkan sejauh ini cukup dan bisa memberikan pelayanan.
"Ada perawatnya, dokternya juga ada minimal dua sampai tiga orang dokter umum, puskesmas rawat inap juga wajib melayani dan mengdiagnosi penyakit dari 144 sampai 122 penyakit," katanya.
Kedepan dr. Then Suyanti mengharapkan masyarakat dapat memanfaatkan pelayanan yang diberikan Pemerintah Kabupaten Bangka.

"Bupati juga sangat peduli dengan program strategis yang digiatkan terutama di bidang pelayanan kesehatan, seperti bumilristi, JKSS dan lain sebagainya," terang dr. Then.

Sumber: 
Dinkominfotik
Penulis: 
Lutfi Adam
Fotografer: 
Lutfi Adam
Editor: 
Lutfi
Tags: 
Berita Daerah