Empat Qori Kabupaten Bangka Siap Bersaing Di STQ Nasional Ke-XXIV Tarakan

Provinsi Kepulauan Bangka Belitung rencananya akan mengikuti ajang Seleksi Tilawatil Quran (STQ) Tingkat Nasional yang akan diselenggarakan di Kota Tarakan Kalimantan Utara mulai tanggal 15 sampai dengan 21 Juli 2017. Empat peserta mewakili Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berasal dari Kabupaten Bangka.
Menurut Kepala Bagian (Kabag) Kesra Setda Bangka. drh. H. Rahmani, dari Kabupaten Bangka yang mengikuti STQ Nasional ini berjumlah empat orang menjadi utusan dari Khafilah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.
"Empat orang ini akan mengikuti berbagai cabang, yakni cabang tilawah dan tahfizh, untuk Tilawah ini, tilawah anak-anak satu orang, tilawah dewasa putri, dan Tahfizh I juz putri dan 5 juz putra," ungkap H. Rahmani, Rabu (12/7/17) di Sungailiat Kabupaten Bangka.
Diuraikannya lebih lanjut, keempat utusan ini merupakan juara terbaik dari STQ Tingkat Provinsi Bangka Belitung beberapa waktu yang lalu.
"Untuk peluangnya, kita sangat besar di cabang tahfizh satu juz puteri dan tahfizh lima juz putera, sementara itu tilawah anak-anak dan dewasa cukup ketat persaingannnya dengan daerah-daerah lainnya di Indonesia, namun kita berharap, peserta kita bisa menampilkan yang terbaik dan merebut juara," jelasnya lagi.
Diceritakan drh. Rahmani, untuk prestasi, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada tahun-tahun sebelumnya sudah cukup baik dan masuk dalam sepuluh besar.
"Kita masuk peringkat tujuh tahfizh nasional putera yang lima juz, dan peringkat keduapuluh tilawah putera, sementara yang satu juz tahfizh puteri ini, baru kali pertama ikut namun peluangnya cukup bagus, semoga tahun ini semakin baik, dan bisa berbicara banyak, serta berharap dari Kabupaten Bangka semakin banyak untuk menjadi utusan dalam STQ ini," katanya.
Untuk itu, lanjut Rahmani, dalam meningkatkan kualitas diri dan penampilan, pihak Pemerintah Kabupaten Bangka juga terus melakukan pembinaan kepada qori dan qoriah yang disebut qolaqoh.

"Kita adakan terus, dan sesudah STQ juga khusus qori dan qoriah yang juara kita ikutkan juga, dan mereka yang ikut dalam STQ Nasional sekarang ini juga, sedang melaksanakan pembinaan di Kota Pangkalpinang dan langsung berangkat ke Kota Tarakan Kalimantan Utara untuk mengikuti STQ ke-XXIV," tukasnya.

Sumber: 
Dinkominfotik
Penulis: 
Lutfi Adam
Fotografer: 
Lutfi Adam
Editor: 
Lutfi
Tags: 
Berita Daerah