Dukung Bhabinkamtibmas Go Green, PT Timah, PT AKS dan Polda Hijaukan Lahan Eks Tambang

Polda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bekerjasama dengan PT Timah Tbk dan PT Aries Kencana Sejahtera (AKS) melakukan kerjasama reklamasi dalam program Bhabinkabtibmas, Kamis (13/7/17). Pertama PT. AKS melakukan penanaman pohon sebanyak 200 pohon untuk reklamasi di lahan eks tambang seluas lima hektar di Desa Pemali Kecamatan Pemali Kabupaten Bangka. Sementara PT Timah Tbk melakukan reklamasi sebanyak 630 pohon di lahan eks tambang seluas 6,3 hektar di Desa Tutut Kecamatan Pemali Kabupaten Bangka.
Wakapolda Bangka Belitung Kombespol Tantan Sulistyana mengungkapkan kegiatan ini merupakan salah satu cara untuk mengatasi permasalahan lingkungan dan juga percepatan ekonomi pada masyarakat dengan membedayakan lahan yang tidur menjadi lahan yang hijau dan bermanfaat. Selain itu juga kegiatan ini untuk mendukung mewujudkan visi misi Kabupaten Bangka yakni mewujudkan pertanian yang tangguh dan melestarikan Sumber Daya Alam yang lestari.
"Ini merupakanĀ  program unggulan Polda Babel, ingin memperdayakan Bhabinkabtibmas kepada masayarakat dan ada karya nyatanya," ungkap Wakapolda Bangka Belitung.
Belum maksimalnya proses reklamasi lanjut Tantan harus ada dan perlu komitmen bersama untuk mengatasi kerusakan lingkungan.
"Kita sudah beberapa kali melaksanakanĀ  di beberapa tempat di provinsi Babel dan bekerjasama dengan PT. Timah dan lainnya," jelasnya lagi.
Dijelaskan Wakapolda lagi, kegiatan Go Green ini difokuskan pada tanaman holtikultura, seperti mangga, jambu, rambutan, sirsak, dan lainnya. Selain itu juga ditanami juga tanaman jagung dari Korea dengan jagung Anton Wahono atau AW di lahan eks tambang.
"Jagung iniĀ  khusus, warnanya ungu dan rasanya seperti ketan dan menjadi icon pariwisaata baru di Babel. Dan diharapkan Babel dikenal sebagai destinasi menjadi wisata argo nantinya," harapnya lagi.
Selain penanaman dilakukan penebaran benih ikan di kolong eks tambang seperti nila, mujair dan lainnya.

Kegiatan penanaman ini juga dihadiri oleh Bupati Bangka H. Tarmizi Saat, Kapolres Bangka, Johanes Bangun, Ketua Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Bangka Belitung, para kelompok tani, kepala desa se-Kabupaten Bangka dan lainnya.

Sumber: 
Dinkominfotik
Penulis: 
Lutfi Adam
Fotografer: 
Lutfi Adam
Editor: 
Lutfi
Tags: 
Berita Daerah