Dinparpora Bangka Kirim 8 Peserta Untuk Seleksi Capaska

 

Sungailiat - Kabupaten Bangka kirimkan 8 Peserta Paskibraka Kabupaten yang terdiri 4 Putra dan 4 Putri untuk mengikuti seleksi Calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Capaska) pada Tingkat Provinsi Bangka Belitung 07-12 April tahun 2018.

Seleksi Capaska tingkat Provinsi tersebut bertujuan untuk mendapatkan 1 Putra dan 1 Putri dari Kabupaten/Kota yang kemudian akan menjadi Paskibraka perwakilan dari Bangka Belitung pada Tingkat Nasional dalam Upacara HUT Kemerdekaan RI 17 Agustus 2018 mendatang.

Demikian disampaikan oleh Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan, dan Olahraga (Dinparpora) Kabupaten Bangka, Drs. Asep Setiawan, Senin (07/05/18) saat ditemui pada pelepasan Paskibraka Kabupaten Bangka di Dinparpora Bangka.

“Jadi berdasarkan hasil kita pada seleksi tingkat Kabupaten 21 – 23 Maret 2018 lalu, dari total 30 peserta Paskibraka yang didapat, kemudian dari seleksi tingkat Kabupaten tersebut kita ambil 8 peserta yang terdiri dari 4 Putra dan 4 Putri untuk mengikuti seleksi di tingkat Provinsi hari ini hingga enam hari kedepan yang mana nanti dari hasil Seleksi Tingkat Provinsi tersebut akan diambil 1 Putra dan 1 Putri dari setiap Kabupaten/Kota di Babel yang akan mewakili Provinsi Babel untuk bertugas menjadi Paskibaraka di Istana Negara,”ungkap Asep.

Menurut Asep delapan orang tersebut, berdasarkan kuota yang ditetapkan oleh Panitia Seleksi Paskibraka tingkat Provinsi hanya sebesar delapan orang dari tiap Kabupaten, dan 4 Putra dan 4 Putri tersebut dianggap telah memenuhi persyaratan serta kriteria untuk mengikuti Seleksi pada Tingkat Provinsi.

Lebih lanjut Asep berharap nantinya akan ada Peserta Paskibraka dari Kabupaten Bangka yang berhasil lolos ke Tingkat Nasional nanti, hal tersebut mengingat pada pelaksnaan seleksi Capaska Tingkat Nasional tahun 2017 yang lalu satu Paskibraka dari Kabupaten Bangka berhasil membawa nama Provinsi Bangka Belitung yang menjadi salah satu Paskibraka di Istana Negara pada Upacara Bendera HUT Kemerdekaan RI 17 Agustus 2017.

“Seperti pada tahun 2017 kemarin kan ada satu orang Paskibraka yang berasal dari Kabupaten Bangka membawa nama Provinsi Bangka Belitung pada Tingkat Nasional, maka berdasarkan hal tersebut kita harus menjadikannya sebagai sebuah motivasi pada Pelaksaan Seleksi Capaska Nasional tahun ini guna meraih kembali prestasi yang kita raih pada tahun 2017 kemarin,”harap Asep.

Kepada mereka Asep berpesan agar menjaga kesehatan, stamina serta, mempertahankan kesiapan mental. Hal tersebut menurut Asep merupakan salah satu satu faktor penting yang akan mempengaruhi kelancaran Seleksi Capaska nanti.

“Dihimbau kepada anak-anak Paskibraka Kabupaten Bangka yang akan mengikuti seleksi Capaska pada tingkat Provinsi agar kesehatan, stamina, dan mental. Ketiga hal tersebut harus dapat dijaga dengan baik agar nanti mampu mengeluarkan potensinya dengan maksimal,”imbau Asep. (Pemkab Bangka)

Sumber: 
Dinkominfotik
Penulis: 
Dede Sukmana
Fotografer: 
Dede Sukmana
Editor: 
Khadafi
Tags: 
Berita Daerah